Molluscum Contagiosum

Apa itu Molluscum contagiosum ?

Molluscum contagiosum adalah infeksi kulit virus yang umum disebabkan oleh virus Molluscipox. Infeksi ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil, tidak nyeri, berwarna mutiara pada kulit. Benjolan biasanya muncul di wajah, leher, batang tubuh, lengan, dan kaki. Molluscum contagiosum bukanlah infeksi yang serius dan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan hingga beberapa tahun. Namun, infeksi ini dapat menular dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak kulit-ke-kulit langsung atau kontak dengan benda yang terkontaminasi

Gejala Molluscum contagiosum

Hejala klinis paling umum dari Molluscum contagiosum adalah munculnya benjolan kecil, tidak nyeri, berwarna mutiara pada kulit. Benjolan biasanya berdiameter 1-5 mm dan memiliki cekungan di tengah atau "dimble". Mereka biasanya berwarna daging, putih, atau merah muda.

Benjolan dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi paling sering di wajah, leher, batang tubuh, lengan, dan kaki. Pada anak-anak, benjolan juga dapat muncul di alat kelamin. Pada orang dewasa, benjolan lebih cenderung muncul di selangkangan dan area genital.

Benjolan dapat soliter atau berkelompok bersama. Mereka juga bisa menjadi iritasi atau meradang. Dalam beberapa kasus, benjolan dapat terinfeksi bakteri, yang dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, dan nanah.

• Benjolan kecil, tidak nyeri, berwarna mutiara pada kulit
  • Benjolan yang biasanya berdiameter 1-5 mm
  • Benjolan yang memiliki cekungan di tengah atau "dimble"
  • Benjolan yang berwarna daging, putih, atau merah muda

Proses Terjadinya Molluscum contagiosum

Molluscum contagiosum adalah infeksi yang ditularkan terutama melalui kontak langsung kulit-ke-kulit dengan individu yang terinfeksi. Virus masuk ke kulit melalui abrasi atau mikrolesi. Setelah masuk, virus bereplikasi dalam sel epidermis, menyebabkan benjolan mutiara yang khas.

Fomite, seperti handuk mandi, alat tato, dan pisau cukur, juga telah disarankan sebagai sumber infeksi potensial. Namun, risiko penularan melalui fomite dianggap relatif rendah.

Masa inkubasi untuk Molluscum Contagiosum biasanya 2 hingga 7 minggu, tetapi dapat berkisar dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Selama waktu ini, virus bereplikasi di kulit tetapi orang tersebut tidak menular.

Setelah benjolan muncul, virus dilepaskan dari lesi dan dapat ditularkan ke orang lain melalui kontak langsung. Lesi biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan hingga beberapa tahun. Namun, mereka mungkin bertahan lebih lama pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Letak Molluscum contagiosum Pada Tubuh

Papula akibat infeksi Molluscum contagiosum dapat terbentuk di mana saja di tubuh Anda, tetapi paling sering terjadi pada:

• Wajah (kelopak mata, bibir).
  • Leher.
  • Lengan.
  • Kaki.
  • Alat kelamin (penis, vagina, vulva).
  • Perut.
  • Paha dalam.

Langkah Diagnosis Molluscum Contagiosum

Diagnosis molluscum contagiosum biasanya didasarkan pada penampilan klinisnya. Meskipun molluscum tidak dapat dikultur di laboratorium, pemeriksaan histologis dari lesi yang dikuret atau dibiopsi juga dapat membantu diagnosis dalam kasus yang tidak jelas secara klinis.

1. Pemeriksaan klinis : Pemeriksaan klinis adalah langkah pertama dalam diagnosis molluscum contagiosum. Dokter akan melihat lesi kulit untuk mencari karakteristik khas, seperti:

• Benjolan kecil, tidak nyeri, berwarna mutiara
  • Diameter 1-5 mm
  • Memiliki cekungan di tengah

Jika lesi memiliki karakteristik ini, diagnosis molluscum contagiosum biasanya dapat ditegakkan.

2. Pemeriksaan histologis

Pemeriksaan histologis dapat dilakukan untuk membantu diagnosis molluscum contagiosum dalam kasus yang tidak jelas secara klinis. Dalam pemeriksaan ini, jaringan kulit yang diambil dari lesi akan diperiksa di bawah mikroskop.

Pada pemeriksaan histologis, lesi molluscum contagiosum akan menunjukkan ciri khas berupa badan inklusi berbentuk batu bata yang besar.

3. Metode imunohistokimia

Metode imunohistokimia juga dapat digunakan untuk membantu diagnosis molluscum contagiosum. Dalam metode ini, jaringan kulit yang diambil dari lesi akan diuji dengan antibodi yang spesifik untuk virus molluscum contagiosum.

Jika antibodi berikatan dengan jaringan kulit, maka diagnosis molluscum contagiosum dapat ditegakkan.

4. Pemeriksaan penunjang lainnya

Pemeriksaan penunjang lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu diagnosis molluscum contagiosum meliputi:

• Pemeriksaan mikroskop elektron
  • Hibridisasi in-situ untuk DNA MCV

5. Pembedahan Kondisi Kulit Lainnya : Lesi molluscum contagiosum harus dibedakan dari kondisi kulit lainnya yang memiliki penampilan serupa, seperti:

• Veruka vulgaris
  • Kondiloma akuminata
  • Varicella
  • Herpes simpleks
  • Papiloma
  • Epithelioma
  • Pyoderma
  • Cryptococcosis cutanea
  • Kista inklusi epidermal
  • Karsinoma sel basal
  • Granuloma annulare papular
  • Keratoakantoma
  • Lichen planus
  • Syringoma atau tumor adnekal lainnya

Mencegah Penularan Molluscum contagiosum

Virus ini menyebar melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi, termasuk melalui kontak kulit-ke-kulit, kontak dengan barang pribadi yang terkontaminasi, dan hubungan seksual.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah Molluscum contagiosum:

• Hindari kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi. Ini termasuk menghindari menyentuh, menggaruk, atau memencet bintil yang muncul.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur, terutama setelah menggunakan toilet, mengganti popok, atau menyentuh bintil yang terinfeksi.
  • Hindari berbagi barang pribadi dengan orang lain, termasuk handuk, pakaian, sisir, atau sabun batangan.
  • Hindari berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi Molluscum contagiosum.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mencegah Molluscum contagiosum:

• Jaga kebersihan dan kesehatan kulit Anda. Cuci kulit Anda secara teratur dengan sabun dan air hangat, dan keringkan dengan handuk bersih.
  • Hindari menggaruk kulit Anda. Jika Anda menggaruk kulit Anda, Anda dapat menyebarkan virus ke area lain atau ke orang lain.

Jika Anda memiliki bintil-bintil yang mencurigakan, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan apakah Anda menderita Molluscum contagiosum. Dokter dapat membantu Anda menentukan penyebab bintil-bintil tersebut dan memberikan perawatan yang tepat.

Penanganan Molluscum contagiosum

Molluscum contagiosum adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya jika penderita memiliki sistem imum yang sangat baik, Namun berakibat parah pada beberapa kondisi pasien yang mengorek dan menggaruk lesi, kebiasaan yang dapat menyebabkan kondisi penyakit ini menjadi lebih seius

Cryosurgery

Salah satu metode pengobatan yang paling umum, cepat, dan efisien adalah Cryosurgery. Nitrogen cair, es kering, atau Frigiderm dioleskan ke setiap lesi selama beberapa detik. Pengobatan ulang dalam interval 2-3 minggu mungkin diperlukan.

Evisceration

Metode yang mudah untuk mengangkat lesi adalah mengeluarkan inti dengan instrumen seperti pisau bedah, tusuk gigi tajam, tepi kaca geser, atau instrumen lain yang mampu mengeluarkan inti yang berpusat. Karena kesederhanaannya, pasien, orang tua, dan pengasuh dapat diajari metode ini sehingga lesi baru dapat dirawat di rumah.Metode ini sederhana tetapi mungkin tidak di sarankan untuk anak kecil.

Curettage

Kuretasi adalah metode pengangkatan lainnya. Ini dapat digunakan dengan dan tanpa elektrodesikasi ringan. Metode ini lebih menyakitkan, dan dianjurkan untuk mengoleskan krim anestesi topikal pada lesi sebelum prosedur untuk mengurangi rasa sakit. Metode ini memiliki keuntungan memberikan sampel jaringan yang dapat memastikan diagnosis

Tape stripping

Pengobatan lain yang dilaporkan melibatkan penggunaan pita perekat. Sisi perekat pita berulang kali ditempelkan dan dilepas dari lesi selama 10-20 siklus. Tindakan ini secara efektif menghilangkan epidermis superfisial dari atas lesi. Namun, penggunaan berulang strip yang sama berpotensi menyebarkan virus ke kulit yang berdekatan.

Konsultasi di Klinik Kirana

Jika Anda memiliki Molluscum Contagiosum , penting untuk menghindari menggaruk atau mencabut benjolan, karena ini dapat menyebarkan infeksi ke bagian lain tubuh Anda. Anda juga harus menghindari mencukur atau mencabut bulu di area yang terkena, karena dapat mengiritasi kulit dan memperburuk infeksi.

Mengatasi Molluscum contagiosum memerlukan pendekatan yang komprehensif dan individual, mengingat beragamnya penyebab dan jenis gangguan ini. Di Klinik Kirana, kami menawarkan konsultasi profesional dan perawatan yang disesuaikan untuk membantu Anda mengatasi masalah kulit. Dengan tenaga medis yang berpengalaman dan pendekatan yang empatik, kami berkomitmen untuk membantu Anda memulihkan kesehatan kulit Anda dan meningkatkan kualitas hidup. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan mulai perjalanan Anda menuju pemulihan dan kebahagiaan seksual.

• Molluscum Contagiosum Daniel Hanson and Dayna G. Diven Dermatology Online Journal 9(2): 2 (https://escholarship.org/uc/item/6z11d13p). Accessed 18 Nov 2023
  • Molluscum Contagiosum ( https://www.alodokter.com/molluscum-contagiosum ). Accessed 18 Nov 2023
  • clevelandclinic.org. Molluscum Contagiosum ( https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12175-molluscum-contagiosum ). Accessed 18 Nov 2023
  • American Academy of Dermatology Association. Molluscum Contagiosum: Diagnosis and Treatment (https://www.aad.org/public/diseases/a-z/molluscum-contagiosum-treatment). Accessed 18 Nov 2023