Biaya Berobat dan Konsultasi Dokter Spesialis Kelamin

Kelamin December 13, 2023
Biaya Berobat dan Konsultasi Dokter Spesialis Kelamin

Dalam menjaga kesehatan, aspek yang seringkali terabaikan adalah kesehatan reproduksi dan kelamin. Padahal, menjaga kesehatan area ini sama pentingnya dengan aspek kesehatan lainnya. Sayangnya, masih banyak yang ragu atau malu untuk berkonsultasi dengan Dokter spesialis kelamin, baik karena kurangnya kesadaran atau kekhawatiran mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Padahal, penanganan dini untuk masalah kesehatan reproduksi dan kelamin bisa menghindari komplikasi yang lebih serius di kemudian hari.

Mengetahui perkiraan biaya berobat dan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kelamin merupakan langkah penting dalam perencanaan kesehatan. Dengan pemahaman yang jelas tentang biaya yang mungkin timbul, pasien dapat menyiapkan diri secara finansial dan mental, sehingga bisa mendapatkan perawatan yang tepat tanpa kekhawatiran.

Sebelum mengetahui rincian biaya, ada baiknya Anda juga mengetahui detail apa saja lingkup penyakit yang di tangani Dokter spesialis kelamin.

Konsultasi Sakit Kelamin pada Pria dan Wanita ke Dokter apa?

Dalam dunia ke Dokteran, terdapat berbagai spesialisasi yang menangani aspek kesehatan tertentu. Khususnya dalam bidang kesehatan reproduksi, terdapat tiga spesialisasi yang sering menjadi pusat perhatian: Dokter spesialis kelamin, andrologi, dan ginekologi. Meskipun ketiganya berkaitan erat dengan kesehatan reproduksi, masing-masing memiliki fokus dan peran yang berbeda.

1. Dokter Spesialis Kelamin (Venereologi)

Berfokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Mereka menangani berbagai kondisi seperti infeksi menular seksual (IMS), seperti HIV/AIDS, sifilis, gonore, dan klamidia. Tugas mereka tidak hanya meliputi pengobatan, tetapi juga pendidikan dan pencegahan terhadap penyebaran IMS. Mereka memiliki peran penting dalam memberikan konseling dan dukungan kepada pasien yang mengalami masalah kesehatan seksual.

2. Dokter Andrologi Andrologi

Cabang keDokteran yang spesifik menangani masalah kesehatan pria, khususnya yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan seksual. Spesialisasi ini mencakup penanganan masalah seperti disfungsi ereksi, infertilitas pria, masalah hormon testosteron, dan kondisi lain yang mempengaruhi organ reproduksi pria. Dokter andrologi bekerja tidak hanya dalam aspek pengobatan tetapi juga pencegahan dan peningkatan kualitas kesehatan reproduksi pria.

3. Dokter Ginekologi

Spesialisasi yang menangani kesehatan reproduksi wanita. Dokter ginekologi berfokus pada sistem reproduksi wanita, termasuk rahim, ovarium, dan vagina. Mereka menangani berbagai kondisi seperti gangguan menstruasi, infertilitas, kanker organ reproduksi wanita, dan masalah terkait kehamilan. Selain itu, ginekologi juga sering terlibat dalam proses kehamilan dan persalinan, meskipun ini lebih spesifik ke bidang obstetri.

Jadi setelah Anda mengetahui detail perbedaan spesialisasi Dokter yang sudah di jelaskan seharusnya dapat membantu Anda untuk melakukan konsultasi atau berobat ke Dokter Spesialisasi yang sesuai, namun, pada umumnya Dokter Spesialis Kelamin (Venerologi) menjadi pilihan pertama untuk berkonsultasi dan berobat. Tidak ada perbedaan yang signifikan karena spesialisasi ini di bedakan hanya berdasarkan jenis gender penanganannya saja.

Berapa Biaya Konsultasi ke Dokter Spesialis Kelamin?

Biaya konsultasi dan pemeriksaan ke Dokter spesialis kelamin di Indonesia bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi praktik, reputasi Dokter, dan fasilitas kesehatan yang digunakan. Berdasarkan data yang tersedia, rentang biaya untuk konsultasi berkisar Rp150.000 hingga Rp700.000 Rupiah. Biaya ini dapat berubah tergantung pada kondisi tertentu dan tidak termasuk biaya tambahan seperti pemeriksaan lanjutan atau pengobatan. Di klinik Kirana untuk biaya konsultasi saja beriksar Rp200.000-Rp300.000rb

Klinik Kirana menyediakan layanan konsultasi online secara gratis melalui whatsapp (klik tombol whatsapp dibawah artikel ini) yang bisa Anda gunakan, sehingga dapat membantu Anda untuk mendeteksi dini keluhan atau gejala yang terjadi pada kelamin Anda.

Namun, setelah Anda melakukan konsultasi online sebaiknya buat jadwal kedatangan untuk melakukan konsultasi secara langsung dengan Dokter di klinik kirana untuk memastikan gejala atau keluhan Anda terindikasi penyakit menular seksual atau tidak. 

Penyakit menular seksual ini sangat beragam gejalanya dan hampir mirip satu sama lain, seperti kencing nanah, sifilis, klamidia, herpes kelamin dan kutil kelamin.

Baca Artikel Selanjutnya: Klinik Kirana, Spesialis Dokter Kelamin Mengatasi IMS di Jakarta

Berapa Biaya Pengobatan Dokter Spesialis Penyakit Kelamin? 

Penyakit kelamin, yang juga dikenal sebagai infeksi menular seksual (IMS), adalah masalah kesehatan yang memerlukan penanganan medis serius. Bagi banyak orang, salah satu pertimbangan utama dalam pengobatan penyakit kelamin adalah biaya yang terlibat. Penting untuk dipahami bahwa biaya pengobatan penyakit kelamin bervariasi, tergantung pada jenis penyakit dan pengobatan yang diperlukan.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pengobatan

  • Jenis Penyakit Kelamin: Setiap penyakit kelamin memiliki karakteristik dan tingkat keparahan yang berbeda, yang mempengaruhi jenis pengobatan yang diperlukan. Misalnya, pengobatan untuk klamidia mungkin berbeda dengan pengobatan untuk sifilis dan kencing nanah, baik dari segi jenis obat maupun durasi pengobatan. Dokter akan menentukan jenis pengobatan apa yang tepat pada pasien melalui proses test lab dan diagnosa yang di lakukan.

  • Durasi Pengobatan: Beberapa penyakit kelamin dapat disembuhkan dengan pengobatan jangka pendek, sementara lainnya memerlukan pengobatan jangka panjang atau bahkan seumur hidup tergantung dari tingkat keparahan dan seberapa lama pasien terinfeksi penyakit tersebut.

  • Jenis Obat: Biaya obat bervariasi tergantung pada jenis dan merek obat yang diresepkan. Dokter akan menentukan obat apa yang sesuai dengan penyakit yang Anda alami, bisa berupa obat minum, salep atau gel, serta suntik.

  • Pemeriksaan dan Tes Lanjutan: Dalam beberapa kasus, virus pada penyakit kelamin bisa datang kembali dan diperlukan tes lanjutan untuk memantau efektivitas pengobatan atau untuk mengecek adanya komplikasi.

Mengingat faktor-faktor ini, sangat sulit untuk memberikan perkiraan biaya yang pasti untuk pengobatan penyakit kelamin. Namun, secara umum, biaya pengobatan dapat berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah, tergantung pada keparahan dan jenis penyakit serta pengobatan yang diperlukan.

Mengapa Biaya Pengobatan Berbeda-beda?

Variasi biaya pengobatan ini mencerminkan perbedaan dalam pendekatan pengobatan untuk setiap penyakit. Misalnya, pengobatan untuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri seperti klamidia atau gonore mungkin memerlukan antibiotik jangka pendek, yang relatif lebih terjangkau. Tapi jika tingkat keparahannya sudah sangat mengkhawatirkan maka biaya yang di keluarkan mungkin lebih mahal.

Mengingat kompleksitas dan variasi dalam pengobatan penyakit kelamin, konsultasi dengan Dokter spesialis kelamin sangat penting. Dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan yang paling sesuai berdasarkan kondisi medis individu, serta memberikan estimasi biaya yang diperlukan.

Baca disini : Kenali Perbedaan Gejala Klamidia Pada Pria dan Wanita

Jika Anda Mengalami Gejala ini Sebaiknya Konsultasi

Penyakit Menular Seksual (PMS), atau Infeksi Menular Seksual (IMS), merupakan kelompok penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Mengenali gejala-gejala awal PMS penting untuk diagnosis dini dan pengobatan yang efektif. Berikut adalah beberapa gejala yang sering dikaitkan dengan PMS pada kelamin:

1. Keluarnya Cairan Tidak Normal dari Kelamin seperti Nanah 

  • Pria dan wanita dapat mengalami keluarnya cairan atau nanah dari alat vitalnya, gejala ini biasanya adalah kencing nanah atau gonore yang di sebabkan virus Neisseria gonorrhoeae 
  • Wanita dapat mengalami peningkatan jumlah, perubahan warna seperti kuning, merah atau abu pekat,dan mengeluarkan bau tidak sedap dari cairan vagina, gejala ini bisa di indikasikan sebagai Trichomoniasis

2. Rasa Sakit atau Tidak Nyaman saat Buang Air Kecil

  • Sensasi terbakar atau sakit saat buang air kecil dapat menjadi tanda infeksi, gejala ini paling umum bisa berupa Infeksi saluran kemih yang bukan penyalit menular seksual, namun, jika sakit tersebut tidak kunjung hilang dalam beberapa hari Anda harus segera melakukan konsultasi untuk mengetahui penyebabnya.

3. Luka, Bercak Darah, atau Ruam dan kutil pada Kelamin

  • Luka yang muncul pada kelamin, anus, atau mulut bisa menunjukkan adanya herpes genital atau sifilis.
  • Ruam atau lesi kulit serta kutil di area genital atau sekitarnya juga bisa menjadi tanda penyakit menular seksual seperti sifilis, kutil kelamin atau herpes genital
  • Bercak darah atau terdapat cairan seperti darah saat kencing juga bisa menandakan adanya gejala penyakit menular seksual baik pada pria atau wanita

4. Rasa Sakit Saat Berhubungan Seksual

  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seksual bisa menjadi gejala dari berbagai PMS. Untuk gejala yang ini belum tentu di indikasikan penyakit menular seksual, tapi jika kondisnya berlangsung lama Anda memerlukan diagnosis dan test lebih dalam oleh Dokter karena besar kemungkinan menjadi gejala penyakit menular seksual 

Penting untuk memahami bahwa gejala-gejala ini bisa bervariasi dari orang ke orang, dan tidak semua orang yang terinfeksi IMS akan mengalami semua gejala tersebut. Jika Anda mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala ini, segera konsultasikan ke Dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Konsultasi dan Berobat di klinik Kirana

Jika Anda mengalami gejala dan ingin mendapatkan penanganan yang benar, sebaiknya segera konsultasikan di Klinik Kirana. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab dari gejala yang Anda alami dan memberikan pengobatan yang sesuai. Pengobatan dini dapat membantu mencegah komplikasi dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat konsultasi di Klinik Kirana:

  • Siapkan informasi yang diperlukan, seperti riwayat kesehatan Anda, gejala yang Anda alami, dan obat-obatan yang Anda konsumsi.
  • Datanglah tepat waktu untuk konsultasi.
  • Bersikaplah kooperatif dan mengikuti instruksi Dokter.

Untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan Anda, sangat penting melakukan pemeriksaan lebih lanjut, Dengan bantuan profesional kesehatan yang berpengalaman, Anda bisa mendapatkan penilaian kondisi kesehatan secara menyeluruh serta saran pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk mengambil langkah ini demi kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik. 

Hubungi klinik kirana di sini : Klik Untuk Konsultasi

atau tekan tombol whatsapp pada layar sebelah bawah Anda 

Penyakit kelamin, yang juga dikenal sebagai infeksi menular seksual (IMS), adalah masalah kesehatan yang memerlukan penanganan medis serius. Bagi banyak orang, salah satu pertimbangan utama dalam pengobatan penyakit kelamin adalah biaya yang terlibat. Penting untuk dipahami bahwa biaya pengobatan penyakit kelamin bervariasi, tergantung pada jenis penyakit dan pengobatan yang diperlukan.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pengobatan

  1. Jenis Penyakit Kelamin: Setiap penyakit kelamin memiliki karakteristik dan tingkat keparahan yang berbeda, yang mempengaruhi jenis pengobatan yang diperlukan. Misalnya, pengobatan untuk klamidia mungkin berbeda dengan pengobatan untuk HIV/AIDS, baik dari segi jenis obat maupun durasi pengobatan.

  2. Durasi Pengobatan: Beberapa penyakit kelamin dapat disembuhkan dengan pengobatan jangka pendek, sementara lainnya memerlukan pengobatan jangka panjang atau bahkan seumur hidup.

  3. Jenis Obat: Biaya obat bervariasi tergantung pada jenis dan merek obat yang diresepkan.

  4. Pemeriksaan dan Tes Lanjutan: Dalam beberapa kasus, diperlukan tes lanjutan untuk memantau efektivitas pengobatan atau untuk mengecek adanya komplikasi.

Rentang Biaya Pengobatan Mengingat faktor-faktor ini, sangat sulit untuk memberikan perkiraan biaya yang pasti untuk pengobatan penyakit kelamin. Namun, secara umum, biaya pengobatan dapat berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah, tergantung pada keparahan dan jenis penyakit serta pengobatan yang diperlukan.

Mengapa Biaya Pengobatan Berbeda-beda? Variasi biaya pengobatan ini mencerminkan perbedaan dalam pendekatan pengobatan untuk setiap penyakit. Misalnya, pengobatan untuk IMS yang disebabkan oleh bakteri seperti klamidia atau gonore mungkin hanya memerlukan antibiotik jangka pendek, yang relatif lebih terjangkau. Sebaliknya, penyakit seperti HIV/AIDS memerlukan terapi antiretroviral jangka panjang yang mungkin lebih mahal.

Pentingnya Konsultasi dengan Dokter Mengingat kompleksitas dan variasi dalam pengobatan penyakit kelamin, konsultasi dengan Dokter spesialis kelamin sangat penting. Dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan yang paling sesuai berdasarkan kondisi medis individu, serta memberikan estimasi biaya yang diperlukan.

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • CDC. Genital HPV Infection – Basic Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/hpv/stdfact-hpv.htm). Accessed 14/12/2023
  • CDC. Syphilis – CDC Basic Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/syphilis/stdfact-syphilis.htm). Accessed 14/12/2023
  • CDC. Chlamydia – CDC Basic Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/chlamydia/stdfact-chlamydia.htm). Accessed 14/12/2023
  • CDC. Genital Herpes – CDC Basic Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/herpes/stdfact-herpes.htm). Accessed 14/12/2023
  • CDC. Gonorrhea – CDC Basic Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/gonorrhea/stdfact-gonorrhea.htm). Accessed 14/12/2023
  • CDC. Trichomoniasis – CDC Basic Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/trichomonas/stdfact-trichomoniasis.htm). Accessed 14/12/2023
  • CDC Fact Sheets Sexually Transmitted Diseases (https://www.cdc.gov/std/healthcomm/fact_sheets.htm). Accessed 14/12/2023
  • https://www.scitechnol.com/andrology-gynecology-current-research.php. Andrology & Gynecology: Current Research
  • Andrologist vs. Urologist: What's the Difference? https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/andrologist-vs-urologist
  • American Society of Andrology. Diakses pada 2023. Handbook of Andrology – Second Edition.National Health Service UK. Diakses pada 2023. Reproductive Science and Andrology.Nova IVF Fertility. Diakses pada 2023. What Is Andrology

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait