Pilihan Pengobatan Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

Kelamin December 9, 2023
Pilihan Pengobatan Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

Kutil kelamin mungkin hilang dengan sendirinya karena sistem imun Anda dapat melawan infeksi yang menyebabkannya. Pada pria dan Wanita kutil kelamin bisa bertambah besar, berlipat ganda, atau menjadi semakin tidak nyaman. Menghilangkan kutil kelamin dapat mengurangi peluang Anda menyebarkan infeksi, karena keberadaan kutil aktif lebih mudah menular. Penting untuk diingat bahwa pengobatan kutil kelamin bukanlah pengobatan untuk HPV itu sendiri.

Metode Pengobatan Kutil Kelamin

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kutil kelamin pada pria dan wanita dan mungkin memerlukan beberapa perawatan untuk menghilangkannya. Selama pengobatan, disarankan untuk menahan diri dari kontak seksual.

Berikut adalah beberapa metode yang mungkin digunakan oleh penyedia layanan kesehatan untuk mengobati kutil kelamin Pria dan Wanita :

Elektrokauter

Metode ini menggunakan arus listrik untuk membakar kutil kelamin. Proses ini dilakukan dengan hati-hati dan harus di tangani oleh Dokter atau Tim medis yang memang sudah terlaith dalam menggunakan metode ini. Arus listrik dipasok ke alat khusus yang kemudian diaplikasikan pada kutil di parea genital pada pria dan wanita untuk membakarnya. Metode ini efektif untuk menghilangkan kutil dan biasanya dilakukan dengan anestesi lokal.

Pembekuan (Krioterapi)

Dalam prosedur ini, nitrogen cair yang sangat dingin diaplikasikan langsung pada kutil. Nitrogen cair ini bekerja dengan membekukan kutil, sehingga menyebabkan jaringan kutil mati dan akhirnya terlepas dari kulit. Krioterapi sering kali digunakan untuk kutil yang lebih kecil dan dapat memerlukan beberapa sesi pengobatan.

Perawatan Laser

Penggunaan laser dalam pengobatan kutil melibatkan cahaya laser yang difokuskan untuk menghancurkan pembuluh darah kecil di dalam kutil. Ini mengakibatkan kutil kehilangan suplai darahnya dan akhirnya mati. Perawatan laser biasanya digunakan untuk kutil yang lebih besar atau yang sulit dijangkau.

Prosedur Eksisi Elektrokirurgi Lingkaran (LEEP)

LEEP menggunakan lingkaran kawat yang bermuatan listrik untuk memotong dan menghilangkan kutil. Metode ini sangat efektif untuk kutil yang terletak di area seperti serviks dan dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau umum, tergantung pada ukuran dan lokasi kutil.

Obat Topikal (Kulit)

Pengobatan topikal melibatkan penerapan larutan kimia atau krim resep pada kutil. Obat ini bekerja dengan menyebabkan iritasi atau pembentukan lepuh di bawah kutil, yang menghentikan aliran darah ke kutil tersebut. Perawatan ini dapat dilakukan di rumah atau di klinik, dan sering memerlukan aplikasi berulang selama beberapa minggu. Berikut Adalah beberapa cream, salep atau gel yang biasa di gunakan :

  • Krim Imiquimod: Krim ini digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kutil kelamin eksternal. Cara penggunaannya adalah dengan mengaplikasikan krim imiquimod 5% pada waktu tidur, tiga kali seminggu selama 16 minggu. Untuk krim imiquimod 3,75%, aplikasikan setiap malam. Penting untuk mencuci area yang diobati dengan sabun dan air 6 hingga 10 jam setelah pemakaian. Hindari hubungan seksual saat krim masih berada di kulit Anda, karena dapat melemahkan kondom dan diafragma.

  • Gel Podofilox dan Resin Podophyllin: Gel ini dirancang untuk membunuh kutil kelamin. Setelah diaplikasikan pada kutil eksternal, biarkan area tersebut kering sebelum bersentuhan dengan pakaian. Podofilox tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada kutil di serviks, vagina, atau saluran anus, dan tidak untuk area yang lebih luas. Penggunaan yang berlebihan atau tidak membiarkan gel mengering dapat menyebabkan penyebaran ke area lain dan iritasi pada kulit.

  • Salep Sinecatechins: Salep ini diaplikasikan dengan konsentrasi 15% pada kutil, tiga kali sehari hingga 16 minggu. Penting untuk menghindari semua kontak seksual saat salep masih berada di kulit Anda. Jika kutil berada di area yang lembap atau di tempat di mana kulit saling bergesekan, konsultasikan dengan dokter Anda melalui aplikasi Halodoc sebelum menggunakan obat topikal.

Operasi

Untuk kutil yang besar atau tidak responsif terhadap pengobatan lain, pembedahan mungkin diperlukan. Dalam prosedur ini, kutil dipotong dan diangkat dari kulit. Operasi biasanya dilakukan di bawah anestesi lokal dan mungkin memerlukan pemulihan pasca-operasi.

Efek samping Pengobatan Kutil Kelamin

Seperti tindakan medis pada umumnya, proses pengobatan Kutil kelamin juga bisa menimbulkan efek samping. Efek samping yang timbul terbilang ringan dan terkadang tidak memerlukan tindakan medis lanjutan untuk mengatasi efek samping yang timbul. 

Namun tetap saja, efek samping yang timbul jangan sampai dibiarkan karena bisa saja menimbulkan potensi infeksi yang dapat mengakibatkan area pasca bedah pendarahan atau bernanah.

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah melakukan pengobatan Kondiloma Akuminata.

1. Terdapat Luka pasca Bedah

Proses pembedahan Kutil kelamin juga bisa meninggalkan luka pasca proses bedah berlangsung. Luka pasca bedah ini umumnya hilang dalam waktu 2-4 minggu setelah operasi.

Namun kamu tetap harus membatasi aktivitas fisik selama 2-3 hari setelah operasi dan hindari aktivitas yang terlalu berat pada 1-2 minggu pertama.

Apabila dalam proses pemulihan pasca bedah timbul pendarahan, cairan berbau yang disertai nyeri hebat dan demam selama lebih dari 1 minggu, maka kamu harus mewaspadai terjadinya infeksi pada luka pasca bedah.

Segeralah konsultasi dengan dokter mengenai gejala tersebut, agar bisa mendapat penanganan dini dan terhindar dari kondisi medis yang fatal.

2. Terasa Perih pada Area pasca proses Bedah

Salah satu efek samping yang umum terjadi setelah melakukan bedah Kutil kelamin adalah timbul rasa perih pada area pasca bedah.

Rasa perih yang timbul ini memang umum terjadi, namun biasanya tidak akan bertahan dalam waktu lama dan akan mereda seiring masa penyembuhan.

 Biasanya dokter akan meresepkan obat pereda nyeri apabila rasa perih yang timbul sampai tahap tak tertahankan, maka dari itu kontrol pasca bedah harus dilakukan dengan rutin.

 Agar evaluasi yang dilakukan dokter dapat menjadi tepat, serta mempercepat proses penyembuhan pasca pembedahan.

Kami sangat menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter atau dokter kulit terdekat agar kondisi penyakit yang dialami dapat tertangani dengan optimal. Jangan melakukan hal - hal yang dapat memperparah kutil kelamin, Lihat apa saja aktifitas yang dapat memperparah kondisi kutil kelamin di artikel ini.

Kutil kelamin juga dapat berpotensi mengenai Ibu Hamil, Artikel lengkapnya bisa dilihat di links ini

Poin-Poin Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Pengobatan Kutil Kelamin

Terlepas dari opsi pengobatan yang dipilih, Bagi pria atau wanita ada beberapa hal penting yang perlu diingat:

  • Konsultasi Medis: Sangat disarankan untuk mencari nasihat medis sebelum memulai pengobatan untuk kutil kelamin.
  • Memahami Penjelasan Pengobatan: Tanyakan kepada dokter tentang rincian pengobatan, termasuk biaya dan manfaat yang mungkin, serta efek samping yang dapat terjadi.

  • Instruksi Tindak Lanjut: Pastikan Anda memahami instruksi tindak lanjut, seperti apa yang harus dilakukan jika ada ketidaknyamanan dan kapan harus mencari bantuan.

  • Kesabaran dalam Pengobatan: Pengobatan sering membutuhkan beberapa kunjungan dan pendekatan yang berbeda-beda.

  • Pengobatan Saat Hamil: Jika Anda hamil, beritahu dokter agar mereka dapat memilih pengobatan yang tepat.

  • Hindari Pengobatan Over-the-Counter: Jangan gunakan pengobatan yang tidak secara khusus untuk kutil kelamin (misalnya obat kutil untuk kaki atau tangan). Produk-produk ini tidak dimaksudkan untuk kulit genital yang sensitif dan bisa merusak kulit Anda.

  • Hindari Kontak Seksual: Disarankan untuk menghindari kontak seksual dengan area yang terinfeksi selama pengobatan, untuk melindungi area kulit yang sedang diobati dari gesekan dan membantu penyembuhannya.

  • Mandi Air Garam: Mandi air garam dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan area genital selama pengobatan. Gunakan dua genggam garam biasa per bak mandi atau dua sendok makan dalam mangkuk besar, sebaiknya dua kali sehari.

  • Xylocaine (2% lignocaine gel): Ini adalah anestesi lokal yang berguna untuk diaplikasikan pada area yang luka dua menit sebelum buang air kecil atau buang air besar.

  • Infeksi Thrush (ragi): Infeksi ini umum terjadi, terutama ketika area genital dalam keadaan luka, dan sering kali membantu untuk mengobati thrush pada saat yang sama dengan pengobatan kutil.

Obati Kutil Kelamin di Klinik Kirana

Segera kunjungi dokter kelamin apabila timbul gejala Kutil kelamin, agar kamu bisa mendapatkan penanganan sejak awal gejala muncul dan berpotensi mempercepat proses penyembuhan.

Pilihlah fasilitas kesehatan terpercaya dan pastikan memiliki dokter yang ahli menangani penyakit menular seksual.

Kamu bisa konsultasikan gejala Kutil kelamin yang muncul dengan Klinik Kirana, klinik spesialis kulit dan kelamin yang memiliki dokter ahli terpercaya. 

Klinik Kirana menyediakan layanan pengobatan penyakit kulit dan kelamin dengan mengedepankan privasi pasien dan menjamin kerahasiaan penyakit yang diderita. Klik disini, untuk Konsultasikan Kutil Kelamin di Klinik Kirana.

 

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • HPV ORG. Treatment for Genital Warts - (https://www.hpv.org.nz/hpv-treatment/how-remove-genital-warts). Accessed 10/12/2023
  • Clevelandclinic. Genital Warts - (https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4209-genital-warts). Accessed 10/12/2023
  • NHS. Genital warts - (https://www.nhs.uk/conditions/genital-warts/). Accessed 10/12/2023
  • CDC. Genital HPV Infection – Basic Fact Sheet - (https://www.cdc.gov/std/hpv/stdfact-hpv.htm). Accessed 10/12/2023
  • Plannedparenthood. How do I get treated for genital warts?-(https://www.plannedparenthood.org/learn/stds-hiv-safer-sex/genital-warts/how-do-i-get-treated-genital-warts). Accessed 10/12/2023
  • Mayo Clinic. Sinecatechins (Topical Application Route) - (https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/sinecatechins-topical-application-route/precautions/drg-20070630). Accessed 10/12/2023
  • Sauder DN, Skinner RB, Fox TL, Owens ML. Topical imiquimod 5% cream as an effective treatment for external genital and perianal warts in different patient populations. Sex Transm Dis. 2003 Feb;30(2):124-8. doi: 10.1097/00007435-200302000-00006. PMID: 12567169. Accessed 10/12/2023
  • Medscape. Medical Warts Medication - https://emedicine.medscape.com/article/763014-medication. Accessed 10/12/2023
  • AAFP. Management of Genital Warts By CHARLES M. KODNER, M.D., AND SORAYA NASRATY, M.D. (https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2004/1215/p2335.html). Accessed 10/12/2023

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait