Berapa Lama Sembuh Total dari Gonore Setelah Pengobatan

Kelamin December 11, 2023
Berapa Lama Sembuh Total dari Gonore Setelah Pengobatan

Penyakit menular seksual memiliki teknik penanganan dan waktu penyembuhan yang berbeda. Pada kasus Gonore sendiri, waktu penyembuhan sejak pertama kali pengobatan dapat berlangsung selama satu hingga dua minggu. Pengontrolan terus dilakukan setiap satu minggu setelah pemberian antibiotik. Berikut adalah penjelasan tentang proses pemulihan penyakit Gonore.

Berapa Lama Proses Penyembuhan Gonore

Gejala gonore biasanya akan membaik dalam beberapa hari, dengan waktu penyembuhan total yang mungkin memakan waktu hingga 2 minggu untuk menghilangkan sepenuhnya rasa sakit di area pelvis atau testis.

Pada kebanyakan kasus, pengobatan gonore melibatkan pemberian suntikan antibiotik, biasanya di bagian bokong atau paha. Sebagai alternatif, tablet antibiotik juga bisa menjadi pilihan.

Tanda-tanda bahwa infeksi gonore beranjak menuju kesembuhan, yang biasanya terjadi lima hari setelah pemberian obat, antara lain:

• Tidak munculnya kembali gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Pada pemeriksaan laboratorium, cairan yang keluar dari organ intim tidak menunjukkan adanya bakteri gonore dan juga tidak ditemukan sel-sel darah putih.
  • Jika gejala gonore di area genital atau rektal telah hilang dalam waktu satu minggu, kemungkinan besar infeksi telah sembuh.
  • Bagi mereka yang memiliki gonore oral, perlu dilakukan tes ulang tujuh hingga 14 hari setelah pengobatan untuk memastikan bahwa infeksi telah hilang sepenuhnya.

Jika gejala tidak membaik setelah pengobatan, atau Anda menduga telah terinfeksi kembali, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau perawat. Anda mungkin memerlukan pengobatan ulang atau tes tambahan. Namun, perlu diingat bahwa meskipun gejala telah mulai berkurang, jangan menghentikan terapi antibiotik sebelum tujuh hari atau sebelum jangka waktu pengobatan yang ditentukan oleh dokter.

Pengobatan gonore sangat efektif dalam memberantas infeksi, dengan tingkat keberhasilan sekitar 95%. Pengobatan biasanya melibatkan pemberian satu dosis antibiotik atau suntikan antibiotik. Jika gonore tidak diobati dalam waktu yang lama dan menyebabkan komplikasi, maka kursus pengobatan yang lebih panjang mungkin diperlukan.

Sampai dengan 30% orang yang terinfeksi gonore juga terinfeksi klamidia. Ketika pengobatan gonore diberikan, pengobatan untuk klamidia biasanya juga diberikan.

Hasil tes gonore membutuhkan waktu tujuh hari kerja. Jika hasil tes Anda positif, Anda mungkin diminta untuk kembali ke klinik untuk pengobatan. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin diberikan pengobatan gonore pada hari Anda melakukan tes. Hal ini dapat terjadi jika gonore terdeteksi di bawah mikroskop atau Anda melaporkan bahwa pasangan seksual Anda terinfeksi gonore.

Jika Anda terinfeksi gonore, kemungkinan Anda juga terinfeksi dengan infeksi menular seksual lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seksual menyeluruh untuk klamidia, sifilis, dan HIV. Keempat klinik kesehatan seksual kami akan secara rutin menawarkan Anda pemeriksaan kesehatan seksual lengkap saat Anda dites untuk gonore.

Studi Kasus

Di Kutip dari penelitian SBMJ Journals- Sexually Transmitted Infections, Menunjukan waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan gejala genital setelah pengobatan gonore yang efektif bervariasi, tetapi 90% pasien melaporkan pemulihan gejala dalam 1 minggu. Infeksi klamidia yang bersamaan dan jenis kelamin wanita dikaitkan dengan waktu pemulihan yang lebih lama.

Dari 216 peserta (89% pria) dengan usia rata-rata 32 tahun, 204 peserta (94%) melaporkan gejala keputihan dan 173 peserta (80%) mengalami nyeri saat buang air kecil. Pemulihan gejala terjadi pada 202 dari 216 peserta (94%) dalam kunjungan tindak lanjut 2 minggu kemudian. Median TTR adalah 2 hari (rentang 1–3 hari). Sebanyak 50 dari 216 pasien (23%) terinfeksi gonore dan klamidia secara bersamaan pada kunjungan awal, dan pada kelompok ini pemulihan gejala lebih lambat (3 hari untuk infeksi gonore-klamidia dibandingkan 2 hari untuk gonore saja, HR 0.68 (95% CI 0.48 hingga 0.95)). TTR juga lebih lama pada wanita (4 hari untuk wanita dibandingkan 2 hari untuk pria, HR 0.47 (95% CI 0.29 hingga 0.77).

Lalu, hasil dari penelitian yang dilakukan Journal of Clinical Microbiology - Time to Clearance of Neisseria gonorrhoeae

Menemukan bahwa waktu rata-rata dari mulai pengobatan hingga hasil tes N. gonorrhoeae menjadi negatif pada faring adalah 3 hari. Selain itu, 95% pria dengan gonore faring menunjukkan hasil tes negatif secara berurutan dalam waktu 12 hari setelah menjalani pengobatan.

Harus Dengan Pengawasan Dokter!

Pengobatan penyakit Gonore tidak bisa Anda lakukan sendiri! Semuanya butuh pengawasan khusus di bawah dokter dan tim medis yang telah berpengalaman. Anda harus mematuhi semua arahan dan petunjuk dari dokter. Contohnya adalah dengan tidak berhubungan seksual terlebih dahulu sebelum dokter memastikan Anda telah sembuh sepenuhnya.

Sisanya, Anda harus terus menjaga kesehatan seperti menghindari seks bebas dengan banyak pasangan. Selain itu, Anda juga harus mengetahui kondisi kesehatan seksual dari pasangan. Penyakit Gonore berpotensi tinggi jika menjalin hubungan seksual dengan orang yang telah terjangkit. Hal ini juga berlaku untuk penyakit menular seksual lainnya.

Selain itu, semua bentuk antibiotik dalam pengobatan Gonore juga harus di bawah nasihat dokter, mulai dari jenis hingga dosisnya. Selain itu, dokter juga harus memberikan pemeriksaan awal terlebih dahulu, mulai fisik, tes cairan penis / vagina, urine, anamnesis, dan tes penyakit lain yang berpotensi menyerang.