7 Tanda Penyakit Sifilis Sudah Memasuki Tahap Yang Parah

Kelamin August 14, 2023
7 Tanda Penyakit Sifilis Sudah Memasuki Tahap Yang Parah

Sifilis adalah penyakit yang terkadang membingungkan karena memiliki beberapa tahapan yang berbeda, dan tahapan-tahapan ini dapat bertumpang tindih atau terjadi bersamaan. Ada kalanya Anda mungkin tidak mengalami gejala sama sekali namun infeksi tersebut akan tetap ada sampai Anda mendapatkan pengobatan. Gejala dapat bervariasi di setiap tahap, dan tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama untuk setiap orang.

Penting bagi kamu untuk mengetahui tanda Sifilis sudah memasuki tahap yang parah, agar bisa melakukan pencegahan dini guna mencegah gejala mengerikan terjadi pada tubuh. Lalu, bagaimana akibat dari penyakit Sifilis yang sudah parah?

Tanda Sifilis Sudah Parah

Bakteri Treponema Pallidum umumnya menginfeksi bagian vital, mulut, hingga tenggorokan penderita Sifilis. Namun apabila Sifilis dibiarkan tanpa mendapatkan pengobatan apapun maka bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya. Pada tahap yang sudah parah, Sifilis akan memasuki masa stadium akhir atau tahapan tersier yang jika dibiarkan dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Jika Sifilis sudah memasuki tahapan tersier, berbagai kondisi medis yang membahayakan nyawa penderitanya bisa terjadi. Mulai dari kerusakan pada mata yang bisa menyebabkan kebutaan, gangguan jantung, masalah pada syaraf, hingga kematian. Berikut adalah beberapa tanda yang mengindikasikan Sifilis sudah memasuki tahapan yang parah.

1. Gangguan Jantung

Penyakit Sifilis jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai gangguan jantung, yang pertama adalah Aneurisma Aorta. Aneurisma aorta adalah gangguan jantung yang terjadi akibat pembesaran dinding pembuluh darah aorta, kondisi ini bisa mengancam jiwa jika tidak segera mendapatkan penanganan medis. 

Selanjutnya, Sifilis yang dibiarkan juga bisa menyebabkan kerusakan katup jantung. Bakteri penyebab Sifilis jika telah masuk kedalam pembuluh darah bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada katup jantung, yang jika dibiarkan juga bisa mengancam jiwa penderitanya.

2. Menyerang Susunan Saraf Pusat

Salah satu tanda Sifilis sudah parah, adalah terjadinya gangguan pada susunan saraf pusat manusia. Sifilis dapat menyerang susunan saraf pusat, yang bisa mengakibatkan beberapa gejala mengerikan.

Sifilis yang dibiarkan bisa menyebabkan impotensi atau kondisi penis pria yang tidak bisa ereksi, gangguan penglihatan, kehilangan pendengaran, stroke, hingga meningitis. Hal ini dapat terjadi karena bakteri penyebab Sifilis telah menginfeksi pusat syaraf dan mengakibatkan kondisi tersebut.

3. Gangguan Pembuluh Darah

Jika bakteri penyebab sifilis telah memasuki pembuluh darah, maka dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah yang berakibat fatal jika dibiarkan. Penting bagi kamu untuk segera melakukan pengecekan medis apabila Sifilis telah mencapai tahapan ini.

4. Gangguan Persendian dan Tulang

Sifilis juga dapat menginfeksi bagian persendian dan tulang. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan, dan bahkan kelainan bentuk sendi. Penderitanya mungkin akan mengalami kesulitan bergerak dan melakukan aktivitas fisik karena gangguan pada sistem persendian dan tulang.

5. Gangguan pada Hati

Sifilis juga dapat mempengaruhi fungsi hati. Infeksi Kondisi tersebut dapat menyebabkan peradangan pada hati, yang dikenal sebagai hepatitis. Kondisi ini biasanya ditandai oleh beberapa gejala, seperti kelelahan, hilang nafsu makan, dan kuning pada kulit dan mata akibat penumpukan bilirubin yang tinggi.

6. Komplikasi pada Kehamilan

Pada ibu hamil, Sifilis bisa menyebabkan komplikasi pada janin yang terkandung dalam perut. Infeksi tersebut dapat menyebabkan kelahiran prematur, kematian janin, hingga sang bayi yang tertular Sifilis saat proses persalinan.

7. Penyakit HIV

Penderita Sifilis memiliki resiko lebih tinggi untuk terpapar virus HIV. Hal ini terjadi karena infeksi Sifilis dapat merusak lapisan mukosa yang melindungi tubuh dari patogen, sehingga mempermudah masuknya virus HIV ke dalam tubuh.

Baca disini : Tahapan Pengobatan Sifilis (Raja Singa) Pada Pria dan Wanita

Kesimpulan

Jangan biarkan infeksi Sifilis mencapai stadium akhir atau tahap tersier, karena bisa menyebabkan berbagai kondisi medis yang bisa mengancam jiwa. Penting bagi kamu untuk segera berkonsultasi ke dokter, apabila mengalami gejala atau terindikasi terinfeksi Sifilis.

Dokter biasanya akan memberikan antibiotik khusus Sifilis, yang akan disesuaikan dengan gejala atau tingkat keparahan yang kamu alami. Pastikan juga, untuk memilih fasilitas kesehatan yang terpercaya dan memiliki dokter yang sudah berpengalaman menangani infeksi Sifilis, salah satunya adalah Klinik Kirana.

Klinik Kirana memiliki dokter yang sudah berpengalaman menangani penyakit menular seksual, terutama infeksi Sifilis. Di Klinik Kirana, kamu bisa melakukan konsultasi online secara gratis untuk mengetahui tindakan serta pengobatan yang akan kamu lakukan. Klik disini untuk, Konsultasikan Gejala Sifilis Bersama Klinik Kirana.

Baca Juga:

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Tudor ME, Al Aboud AM, Leslie SW, et al. Syphilis. [Updated 2023 May 30]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK534780/. Accessed 28/11/2023
  • Sexually transmitted diseases (STDs) - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sexually-transmitted-diseases-stds/symptoms-causes/syc-20351240). Accessed 28/11/2023
  • American Sexual Health Association. Syphilis: Fast Facts (https://www.ashasexualhealth.org/syphilis/). Accessed 28/11/2023
  • Centers for Disease Control and Prevention. Syphilis (https://www.cdc.gov/std/syphilis/default.htm). Accessed 28/11/2023
  • Anteric I, Basic Z, Vilovic K, Kolic K, Andjelinovic S. Which theory for the origin of syphilis is true? J Sex Med. 2014 Dec;11(12):3112-8. doi: 10.1111/jsm.12674. Epub 2014 Sep 4. PMID: 25187322. Accessed 28/11/2023

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait