Kenali Tanda Kutil Kelamin akan Sembuh

Kesehatan December 9, 2023
Kenali Tanda Kutil Kelamin akan Sembuh

Virus HPV (human papillomavirus) merupakan penyebab utama munculnya kutil pada beberapa bagian tubuh, terutama pada area organ intim. Kutil kelamin sejatinya dapat sembuh dengan sendirinya dan dapat dipercepat penyembuhannya dengan menggunakan krim oles sesuai resep dokter. Namun hal tersebut hanya akan menyembuhkan kutil kelamin saja, bukan penyebab utama terjadinya kutil kelamin yaitu virus HPV. lalu, bagaimana proses penyembuhan kutil kelamin?

Berapa Lama Penyembuhan Kutil Kelamin?

Benjolan kecil pada organ intim yang menimbulkan gejala berupa sensasi terbakar, gatal,serta nyeri pada area intim merupakan tanda terdapat kutil kelamin. Kutil kelamin bisa saja ditularkan oleh pasangan yang terinfeksi HPV saat berhubungan seksual, atau juga terdapat kontak fisik dengan kutil tersebut.

Umumnya kutil kelamin akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 3 minggu setelah mendapatkan pengobatan yang tepat, yaitu diberikan krim oles atau salep sesuai yang diresepkan dokter. Kutil kelamin juga bisa diangkat dari kulit dengan prosedur bedah kecil, namun sebelum melakukan tindakan tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mana tindakan medis yang terbaik untuk mengobati kutil kelamin.

Tanda Kutil Kelamin akan Sembuh

Pengobatan kutil kelamin memerlukan waktu dan kesabaran. Setelah mendapatkan penanganan medis yang tepat, ada beberapa indikasi spesifik yang menunjukkan proses penyembuhan kutil kelamin. Berikut ini adalah tanda-tanda penyembuhan yang lebih detail:

1.Perubahan Ukuran Kutil

Perhatikan perubahan ukuran kutil dari hari ke hari. Penyusutan ukuran kutil merupakan indikator langsung dari efektivitas pengobatan. Kutil mungkin tidak langsung hilang, tapi ukurannya akan berkurang secara bertahap, yang menunjukkan bahwa sel-sel virus mulai mati dan tidak berkembang lagi.

2.Warna Kulit Pada Area Genital yang Kembali Normal

Area yang terinfeksi awalnya mungkin merah atau lebih gelap dari kulit sekitar. Seiring berjalannya waktu dan efektivitas pengobatan, warna kulit di area tersebut akan kembali seperti semula. Ini menunjukkan bahwa inflamasi di area tersebut telah mereda dan kulit mulai meregenerasi.

3.Pengeringan Kutil dan Pembentukan Kerak

Saat kutil mulai sembuh, bagian permukaannya akan mengering dan membentuk kerak. Proses ini merupakan bagian dari mekanisme penyembuhan alami kulit, dimana jaringan yang mati secara bertahap terlepas dari kulit yang sehat.

4.Penurunan Gejala Nyeri dan Gatal

Gejala seperti nyeri dan gatal merupakan respons tubuh terhadap infeksi virus HPV. Seiring dengan penyembuhan kutil, intensitas nyeri dan rasa gatal akan berkurang, menandakan bahwa iritasi dan peradangan telah berkurang.

5.Pemulihan Tekstur Kulit

Kulit di area yang terinfeksi akan kembali ke tekstur normalnya setelah kutil menghilang. Hal ini menandakan bahwa jaringan kulit yang rusak telah diperbaiki dan sel-sel kulit baru telah terbentuk.
Tanda penting lain dari penyembuhan adalah tidak adanya pertumbuhan kutil baru di area tersebut atau di tempat lain. Ini menunjukkan bahwa virus HPV telah dikendalikan oleh sistem imun tubuh.

6.Respon Positif Terhadap Pengobatan

Tanda penyembuhan juga bisa diukur dari seberapa baik tubuh merespon terhadap pengobatan yang diberikan, baik itu krim topikal, terapi laser, atau metode lainnya.

Untuk pencegahan agar kutil kelamin tidak kambuh Kembali, diperlukan pengecekan secara berkala. Simak jenis test yang cocok untuk pengecekan kutil kelamin di artikel ini

Konsultasi sampai Sembuh Total dari Kutil Kelamin

Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, namun kutil kelamin juga bisa kambuh kembali kapan saja bahkan setelah mendapatkan pengobatan. Terutama saat daya tahan tubuh dalam keadaan yang kurang baik, virus HPV bisa mengganas dan menyebabkan tumbuhnya kutil kembali. Terdapat studi kasus yang menyatakan 25 persen kasus kutil kelamin terdapat kasus kekambuhan dalam kurun waktu 3 bulan, hal ini bisa terjadi karena virus HPV masih terdapat dalam tubuh penderita. Maka dari itu, perhatikan beberapa tanda kutil kelamin kembali tumbuh pada area intim berikut ini:

  • Timbul benjolan baru pada area yang pernah terinfeksi
  • Terdapat perubahan tekstur kulit
  • Gejala kutil kelamin seperti gatal dan nyeri pada area intim kembali terjadi
  • Terdapat pertumbuhan kutil kelamin di area yang belum pernah terinfeksi
  • Sistem kekebalan tubuh menurun

Peristiwa kekambuhan terhadap kutil kelamin bisa saja terjadi, simak lebih lengkap apa saja penyebab kekambuhan pada kutil kelamin di artikel ini!

Konsultasi selalu di Klinik Kirana untuk pengobatan kutil kelamin Anda,.Infeksi kutil kelamin atau kondiloma akuminata mungkin memang membuat diri risau dan menimbulkan beberapa gejala yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun Anda tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara Pencegahan Kondiloma Akuminata Sebelum Terlambat contohnya seperti melakukan hubungan seksual secara aman.

Pada Klinik Kirana terdapat layanan khusus pengobatan kutil kelamin yang bisa anda kunjungi, konsultasikan gejala yang anda alami dengan Klinik Kirana untuk mendapatkan pengobatan yang akurat. Klik disini, untuk Konsultasikan Pengobatan kutil kelamin bersama Klinik Kirana.

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Leslie SW, Sajjad H, Kumar S. Genital Warts. 2023 May 30. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan–. PMID: 28722914. Accessed 10/12/2023
  • Gamboa-Hoil SI. Human papillomavirus in men. Rev Int Androl. 2023 Jan-Mar;21(1):100325. doi: 10.1016/j.androl.2021.09.001. Epub 2022 Oct 17. PMID: 36257902. Accessed 10/12/2023
  • Yuan J, Ni G, Wang T, Mounsey K, Cavezza S, Pan X, Liu X. Genital warts treatment: Beyond imiquimod. Hum Vaccin Immunother. 2018 Jul 3;14(7):1815-1819. doi: 10.1080/21645515.2018.1445947. Epub 2018 Apr 9. PMID: 29505317; PMCID: PMC6067868. Accessed 10/12/2023
  • Scheinfeld N. Update on the treatment of genital warts. Dermatol Online J. 2013 Jun 15;19(6):18559. PMID: 24011309. Accessed 10/12/2023
  • Karnes JB, Usatine RP. Management of external genital warts. Am Fam Physician. 2014 Sep 1;90(5):312-8. PMID: 25251091. Accessed 10/12/2023

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait