Tahapan Pengobatan Sifilis (Raja Singa) Pada Pria dan Wanita

Kesehatan August 25, 2023
Tahapan Pengobatan Sifilis (Raja Singa) Pada Pria dan Wanita

Berikut merupakan beberapa tahapan pengobatan Sifilis yang umum dilakukan pada Pria dan Wanita, pastikan dalam melakukan pengobatan Sifilis harus hingga tuntas agar Anda terhindar dari infeksi ulang ataupun beberapa risiko medis lainnya.

1. Melakukan Diagnosa Awal ke Dokter Kelamin

Langkah pertama yang harus diambil oleh pria dan wanita yang diduga terinfeksi Sifilis adalah berkonsultasi dengan dokter kelamin. Melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium, dokter dapat menentukan apakah gejala yang Anda alami sesuai dengan gejala infeksi Sifilis.

Terutama bagi Ibu yang sedang hamil, sangat penting untuk melakukan pengecekan Sifilis pada awal masa kehamilan. Karena terdapat risiko yang cukup mengerikan, apabila sang Ibu terinfeksi Sifilis dan dibiarkan hingga bayi lahir. Sang bayi bisa terinfeksi Sifilis kongenital saat masih didalam kandungan, yang bisa menyebabkan gejala serius pada bayi.

2. Berterus Terang Mengenai Gejala yang di Derita

Penting bagi Anda untuk terbuka dan jujur mengenai gejala yang dialami saat berkonsultasi dengan dokter. Gejala awal Sifilis bisa mirip dengan gejala penyakit lain, seperti luka atau lecet pada alat kelamin, ruam, demam, dan nyeri tubuh. Semakin jelas Anda menggambarkan gejala yang muncul, semakin akurat juga diagnosis yang  disampaikan oleh dokter.

3. Tahap Pengobatan

Pengobatan sifilis melibatkan penggunaan Penicillin G, yang diberikan secara parenteral, sebagai obat pilihan untuk mengobati pasien pada semua tahap sifilis. Jenis persiapan Penicillin yang digunakan (misalnya, benzathine, procaine aqueous, atau crystalline aqueous), dosis, dan durasi pengobatan tergantung pada tahap dan manifestasi klinis penyakit tersebut serta dokter yang memeriksa.

  1. Durasi Pengobatan Berdasarkan Tahapan Penyakit:

    • Pengobatan untuk sifilis laten lanjut (durasi >1 tahun) dan sifilis tersier memerlukan durasi terapi yang lebih panjang karena secara teoritis organisme mungkin membelah lebih lambat (validitas dari rasional ini belum dinilai).
    • Durasi pengobatan yang lebih lama diperlukan bagi orang dengan sifilis laten dengan durasi yang tidak diketahui untuk memastikan mereka yang tidak mendapatkan sifilis dalam tahun sebelumnya mendapatkan pengobatan yang memadai.
  2. Pentingnya Penggunaan Obat yang Tepat:

    • CDC Telah melaporkan bahwa praktisi meresepkan kombinasi benzathine-procaine penicillin (Bicillin C-R) yang beraksi panjang dan pendek, bukan produk benzathine penicillin standar (Bicillin L-A) yang direkomendasikan di Amerika Serikat untuk mengobati sifilis primer, sekunder, dan laten.
    • Praktisi, apoteker, dan agen pembelian harus menyadari nama-nama serupa dari dua produk ini untuk menghindari penggunaan agen terapi kombinasi yang salah untuk pengobatan sifilis.
  3. Efektivitas Penicillin:

      • Efektivitas Penicillin untuk mengobati sifilis telah mapan melalui pengalaman klinis bahkan sebelum nilai uji klinis terkontrol secara acak diakui.
      • Oleh karena itu, hampir semua rekomendasi untuk mengobati sifilis didasarkan tidak hanya pada uji klinis dan studi observasional, tetapi pada dekade pengalaman klinis.

     

Efek Samping Pengobatan Sifilis

Layaknya pengobatan penyakit lainnya, pengobatan Sifilis juga memiliki beberapa kemungkinan timbulnya efek samping pada sebagian penderitanya. Efek samping yang timbul umumnya memiliki gejala yang ringan dan bisa diatasi tanpa melakukan pengobatan lainnya.

1. Mengalami Efek Samping Ringan

Mengalami efek samping yang ringan adalah hal yang relatif umum dalam pengobatan Sfilis. Meski tidak semua pasien mengalaminya, beberapa orang mungkin merasakan gejala seperti mual ringan, gangguan pencernaan, atau sakit kepala akibat mengkonsumsi antibiotik penisilin yang biasa digunakan dalam menangani penyakit Sifilis.

Meskipun menyebabkan gejala yang tidak nyaman, penting untuk diingat bahwa efek samping semacam biasanya akan bertahan sementara dan akan mereda seiring berjalannya pengobatan.

2. Menimbulkan Alergi bagi Sebagian Orang

Bagi sebagian orang, pengobatan Sifilis dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh. Respons alergi ini bisa beragam, mulai dari muncul ruam pada kulit, pembengkakan wajah atau bibir, hingga kesulitan bernapas yang memerlukan penanganan medis. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mengenali gejala-gejala tersebut, serta segera menghubungi tenaga medis jika reaksi alergi tersebut muncul setelah melakukan pengobatan Sifilis.

Baca disini : Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Skrining Sifilis

Periksa Sifilis di Klinik Kirana

Periksakan gejala Siflis yang Anda alami dengan fasilitas medis terpercaya dan pastikan memiliki dokter profesional yang sudah berpengalaman menangani penyakit Sifilis.

Untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan Anda, sangat penting melakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila Anda mengalami gejala sifilis yang makin buruk. Dengan bantuan profesional kesehatan yang berpengalaman, Anda bisa mendapatkan penilaian kondisi kesehatan secara menyeluruh serta saran pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 Klik disini, untuk Periksa Sifilis bersama Klinik Kirana.

 

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • WHO Guidelines for the Treatment of Treponema pallidum (Syphilis). Geneva: World Health Organization; 2016. 4, RECOMMENDATIONS FOR TREATMENT OF SYPHILIS. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK384905/. Accessed 30/112023
  • CDC. Shypilis - https://www.cdc.gov/std/treatment-guidelines/syphilis.htm . Accessed 30/11/2023
  • Webmd. What's the Treatment for Syphilis? https://www.webmd.com/sexual-conditions/treatment-syphilis. Accessed 30/11/2023
  • AAD. SYPHILIS: DIAGNOSIS AND TREATMENT
  • https://www.aad.org/public/diseases/a-z/syphilis-treatment. Accessed 30/11/2023

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait