8 Tanda dari gejala sipilis pada wanita

Ginekologi August 2, 2023
8 Tanda dari gejala sipilis pada wanita

Sifilis jika terinfeksi pada wanita bisa menjadi sangat berbahaya, apalagi pada masa kehamilan. Terdapat beberapa gejala yang bisa terjadi akibat Sifilis pada wanita, mulai dari nyeri pada bagian alat vital, hingga demam yang tinggi hingga pada fisik. Maka dari itu, pahamilah gejala terjadinya Sifilis pada wanita, agar Anda bisa mengurangi dan terhindar dari infeksi Sifilis.

8 Tanda Gejala Sifilis Pada Wanita

Sifilis adalah penyakit infeksi bakteri yang serius dan dapat menyebar melalui hubungan seksual vaginal, oral, atau anal. Perjalanan penyakit ini meliputi tiga tahap yang semakin parah dari waktu ke waktu.

Tahap Pertama: Luka yang Tidak Menyakitkan

Di tahap pertama sifilis, yang berlangsung selama tiga hingga enam minggu, Anda mungkin akan menyadari munculnya beberapa luka di tempat infeksi. Menurut CDC, luka ini bersifat tidak menyakitkan dan keras, seringkali seperti kantong kecil berisi cairan. Ukurannya sekitar setengah sentimeter, lebih besar dari jerawat. “Luka ini bisa menghilang. Jika Anda tidak segera ke dokter, dokter mungkin tidak akan melihatnya,” kata Shepherd. Jika tidak diobati, infeksi akan berkembang ke tahap kedua sifilis.

Demam dan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Gejala lain yang bisa muncul di tahap mana pun dari sifilis adalah demam ringan, umumnya sekitar 100,4 hingga 100,6 derajat Fahrenheit. “Demam ini tidak bertahan lama, hanya beberapa hari, jika ada sama sekali,” jelas Shepherd.

Ruam Kulit

Jika Anda melihat ruam di tubuh Anda, itu selalu alasan yang baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Pada tahap kedua sifilis yang tidak diobati, Anda mungkin menemukan ruam di beberapa bagian tubuh yang acak. “Ruam ini berbentuk bintik merah kasar kecil dan sering tidak terlihat karena tidak menyebabkan gatal,” kata Shepherd.

Luka di Mulut, Vagina, atau Anus

Tanda lain dari sifilis tahap kedua adalah munculnya beberapa luka besar (satu hingga tiga sentimeter), meninggi, abu-abu atau putih yang muncul di area lembab seperti mulut, ketiak, atau selangkangan. “Luka ini seperti kutil, agak meninggi, dan tidak menyakitkan,” kata Shepherd. “Faktanya, mereka bisa salah didiagnosis sebagai kutil kelamin, yang juga tidak menyakitkan.” Bagaimanapun, jika Anda melihat benjolan seperti ini, sebaiknya segera buat janji dengan dokter kandungan Anda.

Krontokan Parah

Pada tahap kedua sifilis, Anda mungkin menemukan bercak botak di kulit kepala Anda. Dikenal sebagai alopecia sifilis, “ini bukan salah satu gejala utama, dan tidak khas dalam apa yang biasanya kita lihat,” kata Shepherd. Faktanya, kehilangan rambut pada wanita bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk perubahan hormonal, obat-obatan, dan kondisi medis. “Jika Anda mengalami kerontokan rambut, kami biasanya melihat gejala lain seperti ruam, dan kami menyusunnya bersama,” tambahnya. Setelah sifilis diobati, rambut tumbuh kembali.

Baca disini : Sifilis Pada Wanita dan Hal Yang Harus di Pahami
Baca disini : Sifilis kongenital pada Bayi, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Penurunan Berat Badan

Beberapa wanita mungkin menyadari mereka kehilangan beberapa kilogram pada tahap kedua sifilis, tetapi tidak terlalu dramatis, kata Shepherd. “Kami biasanya hanya memperhatikannya ketika kami mulai menyusun segala sesuatunya. Wanita juga mungkin memiliki gejala lain selain penurunan berat badan,” katanya. Gejala lain dari sifilis tahap kedua seperti gejala pilek termasuk sakit kepala, nyeri otot, sakit tenggorokan, dan kelelahan, yang semuanya akan hilang dengan atau tanpa pengobatan, menurut CDC.

Defisit Sensorik dan Kekakuan

Setelah sifilis yang tidak diobati mencapai tahap tersier, bakteri akhirnya dapat mempengaruhi otak. Dikenal sebagai neurosifilis, menurut CDC, ini mempengaruhi hingga 10 persen pasien dengan sifilis yang tidak diobati dan dapat menyebabkan meningitis, atau peradangan otak dan sumsum tulang belakang.

Selain sakit kepala dan kesulitan mengoordinasikan gerakan otot, gejala lain termasuk perubahan perilaku, kelumpuhan, defisit sensorik, dan demensia, menurut Mayo Clinic. Kabar baiknya adalah, sifilis dapat diobati di setiap tahap dengan antibiotik—meskipun Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis, dan Anda kemungkinan perlu mengonsumsi obat selama beberapa minggu atau berpotensi dirawat di rumah sakit untuk antibiotik IV di tahap ini.

Penglihatan Kabur

Ocular syphilis adalah efek tersier lain dari sifilis yang tidak diobati, di mana bakteri mempengaruhi saraf optik di otak, menurut CDC. Gejala dapat mencakup perubahan penglihatan hingga kebutaan permanen. “Sifilis adalah patogen yang ditularkan melalui darah, jadi begitu masuk ke otak akan mempengaruhi organ tersebut. Hanya masalah waktu sebelum sampai ke sana,” kata Shepherd. Alasan lain yang baik untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda melihat gejala sifilis tahap awal.

Konsultasikan Gejala Sifilis bersama Klinik Kirana

Setelah mengetahui gejala terjadinya Sifilis pada wanita, pastikan Anda tidak melakukan diagnosa mandiri terhadap gejala yang Anda rasa. Apabila muncul gejala, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Pilihlah klinik atau fasilitas kesehatan yang sudah terpercaya dan tentunya memiliki layanan serta biaya yang transparan.

Anda bisa mengunjungi Klinik Kirana untuk mengkonsultasikan gejala yang Anda rasa, di Klinik Kirana Anda bisa melakukan konsultasi online secara gratis mengenai gejala yang Anda derita. Klik disini, untuk Konsultasikan Pengobatan Sifilis bersama Klinik Kirana.

Artikel ini Disusun Oleh Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Center of disease and prevention - syphilis (https://www.cdc.gov/std/syphilis/). Accessed 28/11/2023
  • Sexually transmitted diseases (STDs) - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sexually-transmitted-diseases-stds/symptoms-causes/syc-20351240). Accessed 28/11/2023
  • womenshealthmag.com - 8 Syphilis Symptoms In Women (https://www.womenshealthmag.com/health/g19513578/syphilis-symptoms-in-women/) Accessed 28/11/2023

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait