Cara Efektif Mengobati Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

Kelamin September 11, 2023
Cara Efektif Mengobati Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

Kutil kelamin atau Kondiloma Akuminata adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus HPV.

Kondiloma Akuminata biasanya dapat sembuh dalam kurun waktu 1-3 minggu, tergantung dengan tingkat keparahan dan cara pengobatan yang ditempuh.

Berikut ini merupakan beberapa cara pengobatan Kondiloma Akuminata, pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kelamin terlebih dahulu untuk mengetahui jenis pengobatan yang terbaik untuk kamu jalani.

1. Pemberian Cairan Obat Topikal

Dokter biasanya akan memberikan cairan obat topikal, yaitu obat yang cara pakainya dioleskan langsung pada lesi di area kulit yang terinfeksi.

Penggunaan obat topikal umumnya dilakukan secara mandiri oleh pasien di rumah, mengikuti aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter pemeriksa.

Pengolesan ini dilakukan terus menerus pada lesi hingga lesi menghilang atau berhasil diobati.

Beberapa obat topikal yang umum digunakan untuk mengobati Kondiloma Akuminata atau Kutil kelamin adalah podofilotoksin, imiquimod, dan sinecatechin.

Cara penggunaan dan dosis pakai dari masing-masing obat tersebut tentunya berbeda, tergantung tingkat keparahan serta anjuran yang diberikan oleh dokter.

2. Tindakan Medis dengan cara Bedah Eksisi

Bedah eksisi merupakan salah satu jenis bedah yang bisa dilakukan guna mengobati Kondiloma Akuminata. Dokter akan memberikan bius lokal pada pasien sebelum melakukan pemotongan dan pembuangan kutil menggunakan pisau bedah.

Bedah eksisi juga bisa menimbulkan efek samping, berupa rasa nyeri yang terasa setelah proses pembedahan usai.

3. Electrocautery

Selanjutnya, terdapat metode electrocautery yaitu tindakan penghancuran kutil kelamin menggunakan arus listrik yang dialirkan melalui kawat elektroda berhambatan tinggi, atau singkatnya adalah proses bedah listrik pada kutil kelamin.

Proses electrocautery dimulai dengan pemberian bantalan pada area kulit sekitar Kondiloma Akuminata yang akan dibedah, bantalan tersebut berfungsi melindungi kulit sekitar area infeksi apabila terkena arus listrik.

4. Bedah Laser

Pada bedah laser, dokter akan melakukan pengangkatan Kutil kelamin menggunakan bantuan laser.

Laser tersebut akan menghancurkan pembuluh darah di dalam kutil kelamin yang mengakibatkan kutil mati dan bisa diangkat.

Efek samping Pengobatan Kutil Kelamin

Seperti tindakan medis pada umumnya, proses pengobatan Kutil kelamin juga bisa menimbulkan efek samping. Efek samping yang timbul terbilang ringan dan terkadang tidak memerlukan tindakan medis lanjutan untuk mengatasi efek samping yang timbul.

Namun tetap saja, efek samping yang timbul jangan sampai dibiarkan karena bisa saja menimbulkan potensi infeksi yang dapat mengakibatkan area pasca bedah pendarahan atau bernanah.

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah melakukan pengobatan Kondiloma Akuminata.

1. Terdapat Luka pasca Bedah

Proses pembedahan Kutil kelamin juga bisa meninggalkan luka pasca proses bedah berlangsung. Luka pasca bedah ini umumnya hilang dalam waktu 2-4 minggu setelah operasi.

Namun kamu tetap harus membatasi aktivitas fisik selama 2-3 hari setelah operasi dan hindari aktivitas yang terlalu berat pada 1-2 minggu pertama.

Apabila dalam proses pemulihan pasca bedah timbul pendarahan, cairan berbau yang disertai nyeri hebat dan demam selama lebih dari 1 minggu, maka kamu harus mewaspadai terjadinya infeksi pada luka pasca bedah.

Segeralah konsultasi dengan dokter mengenai gejala tersebut, agar bisa mendapat penanganan dini dan terhindar dari kondisi medis yang fatal.

2.   Terasa Perih pada Area pasca proses Bedah

Salah satu efek samping yang umum terjadi setelah melakukan bedah Kutil kelamin adalah timbul rasa perih pada area pasca bedah.

Rasa perih yang timbul ini memang umum terjadi, namun biasanya tidak akan bertahan dalam waktu lama dan akan mereda seiring masa penyembuhan.

Biasanya dokter akan meresepkan obat pereda nyeri apabila rasa perih yang timbul sampai tahap tak tertahankan, maka dari itu kontrol pasca bedah harus dilakukan dengan rutin.

Agar evaluasi yang dilakukan dokter dapat menjadi tepat, serta mempercepat proses penyembuhan pasca pembedahan.

Apakah Kondiloma bisa Sembuh?

Kondiloma Akuminata bisa disembuhkan dengan melakukan berbagai proses medis yang bisa ditempuh dengan tepat, proses penyembuhannya juga bervariasi tergantung dengan tingkatan infeksi yang terjadi.

Namun, virus penyebab Kutil kelamin yaitu HPV mungkin saja masih terdapat dalam tubuh. Karena Kutil kelamin merupakan salah satu gejala infeksi virus HPV, dan virus HPV bisa menyebabkan berbagai gejala lainnya apabila tidak segera diobati.

Kutil kelamin juga dapat berpotensi mengenai Ibu Hamil, Artikel lengkapnya bisa dilihat di links ini

Obati Gejala Kutil Kelamin di Klinik Kirana

Segera kunjungi dokter kelamin apabila timbul gejala Kutil kelamin, agar kamu bisa mendapatkan penanganan sejak awal gejala muncul dan berpotensi mempercepat proses penyembuhan.

Pilihlah fasilitas kesehatan terpercaya dan pastikan memiliki dokter yang ahli menangani penyakit menular seksual.

Kamu bisa konsultasikan gejala Kutil kelamin yang muncul dengan Klinik Kirana, klinik spesialis kulit dan kelamin yang memiliki dokter ahli terpercaya.

Klinik Kirana menyediakan layanan pengobatan penyakit kulit dan kelamin dengan mengedepankan privasi pasien dan menjamin kerahasiaan penyakit yang diderita. Klik disini, untuk Konsultasikan Gejala Kutil Kelamin di Klinik Kirana.

Sudah di Tinjau Oleh dr. Hadi

Artikel ini Disusun Oleh Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

• Alodokter. Diakses 2023. Mengenai pemulihan setelah operasi kondiloma.
  • Halodoc. Diakses 2023. Ketahui Prosedur Operasi untuk Mengatasi Kutil Kelamin.
  • Healthline. Diakses 2023. How Long Do Genital Warts Last? What to Expect.