Mengobati penyakit klamidia Sesuai Anjuran Dokter

Kelamin December 20, 2023
Mengobati penyakit klamidia Sesuai Anjuran Dokter

Klamidia,infeksi menular seksual, umumnya dapat diobati dengan efektif menggunakan antibiotik. Lebih dari 95% pasien dapat sembuh sepenuhnya asalkan mereka mengonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran. Penting untuk memahami bahwa keberhasilan pengobatan ini sangat bergantung pada kedisiplinan dalam mengikuti resep dan petunjuk dokter. Mengonsumsi antibiotik tepat sesuai dosis dan jadwal yang ditentukan adalah kunci utama untuk mengalahkan infeksi klamidia ini

Apa pengobatan untuk penyakit yang disebabkan oleh klamidia?

Pengobatan infeksi klamidia dilakukan dengan cara mengonsumsi kombinasi beberapa jenis obat antibiotik seperti doxycycline dan azithromycin . Resep ini diberikan oleh dokter dan biasanya perlu dikonsumsi selama kurun waktu satu hingga dua minggu agar klamidia bisa sembuh. 

Pengobatan dengan Antibiotik untuk klamidia

Anda mungkin akan di berikan pengobatan antibiotik setelah hasil tes mengonfirmasi bahwa Anda terinfeksi klamidia. Di kutip dari STI Treatment Guidelines Centers for Disease Control and Prevention biasanya dokter akan merekomendasikan antibiotik yang paling sering diresepkan untuk klamidia, seperti :

  • Doxycycline 100 mg orally 2 kali/sehari selama 7 hari
  • Azithromycin 1 g orally dalam satu dosis
  • Levofloxacin 500 mg orally satu kali sehari selama 7 hari

Namun yang perlu di ingat, bahwa pemberian antibiotik ini akan berbeda pada setiap kondisi pasien dan harus sesuai dengan hasil tes dan diagnosis Dokter yang menangani Anda, apalagi jika Anda wanita dan dalam kondisi hamil, maka dokter akan memberikan resep yang berbeda untuk di sesuaikan dengan kondisi Anda dan calon bayi.

Dengan pemberian antibiotik yang tepat klamidia dapat dihilangkan dalam waktu sekitar satu hingga dua minggu. Namun, jangan berhenti mengonsumsi obat hanya karena gejala Anda sudah membaik. Dokter Anda akan memberikan hasil setelah mengikuti seluruh pengobatan mengenai tindak lanjut yang diperlukan untuk memastikan infeksi Anda benar-benar hilang setelah Anda menyelesaikan pengobatan.

Sebagai bagian dari pengobatan Anda, Anda juga harus menghindari aktivitas seksual yang dapat menyebabkan Anda terinfeksi kembali dan memastikan bahwa setiap pasangan seksual yang mungkin terinfeksi juga mendapatkan pengobatan. Anda harus:

  • Menahan diri dari hubungan seksual sampai infeksi Anda benar-benar hilang. Memulai pengobatan tidak berarti Anda sudah aman. Konsumsi semua obat sesuai arahan dokter Anda, dan hindari semua kontak seksual selama itu.
  • Hubungi semua pasangan seksual Anda. Beritahu pasangan seksual Anda dalam tiga bulan terakhir bahwa Anda terinfeksi agar mereka juga dapat melakukan tes.
  • Lakukan tes untuk infeksi menular seksual (IMS) lainnya (HIV/AIDS, sifilis, herpes, gonore). Umum untuk memiliki beberapa IMS, dan penting untuk menerima pengobatan yang disesuaikan untuk setiap infeksi.
  • Antibiotik dapat menghilangkan infeksi Anda, tetapi tidak dapat membalikkan kerusakan apa pun yang mungkin telah disebabkan oleh bakteri sebelum pengobatan. Inilah mengapa sangat penting untuk melakukan skrining klamidia secara teratur, menemui dokter Anda pada tanda pertama gejala, dan mendapatkan pengobatan segera jika Anda terinfeksi.

Tata Cara Pengobatan Klamidia di Klinik Kirana

Infeksi klamidia, salah satu infeksi menular seksual yang paling umum, memerlukan penanganan yang tepat untuk mencegah komplikasi serius. Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam mengobati klamidia di klinik kirana, mulai dari diagnosis hingga pengobatan.

Proses Diagnosis

Ketika Anda mengalami gejala yang mengindikasikan klamidia atau berisiko terkena infeksi, langkah pertama adalah konsultasi online dengan klinik kirana atau langsung datang. Prosedur diagnosis melibatkan pengambilan sampel cairan tubuh, yang kemudian dianalisis di laboratorium untuk menemukan keberadaan bakteri klamidia.

Langkah Pengobatan

Setelah dokter menerima hasil test dan melakukan diagnosis, Dokter biasanya akan memberikan Antibiotik. Ada dua jenis antibiotik yang umum digunakan:

  • Doxycycline
  • Azithromycin

Penting untuk di ingat, bahwa keputusan pemberian Resep obat Antibiotik sepenuhnya adalah hak dokter dokter, ikuti instruksi dokter dan menyelesaikan seluruh pengobatan antibiotik, bahkan jika gejala telah membaik. 

Mencegah Penularan Selama Pengobatan Selama masa pengobatan, Anda disarankan untuk:

  • Menahan diri dari segala bentuk aktivitas seksual.
  • Memberitahu pasangan seksual tentang infeksi dan mendorong mereka untuk menjalani tes.

Evaluasi 

Pentingnya Tindak Lanjut Pasca Pengobatan Setelah menyelesaikan pengobatan, tindak lanjut dengan dokter di Klinik Kirana untuk memastikan infeksi telah benar-benar hilang. Ini bisa melalui tes lanjutan atau konsultasi kesehatan.

Kosultasi di Klinik Kirana

Ketika menghadapi masalah kesehatan kelamin atau gejala-gejala yang berkaitan dengan infeksi menular seksual seperti klamidia, penanganan yang cepat dan tepat sangatlah penting. Untuk mendapatkan diagnosis yang akurat serta pengobatan yang efektif, sangat disarankan untuk mengunjungi spesialis yang berpengalaman. Klinik Kirana merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mencari perawatan khusus di bidang kesehatan kelamin.

Klik disini untuk reservasi pengobatan klamidia

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Image by Freepik : https://www.freepik.com/free-photo/close-up-couple-holding-hands-bed_17613839.htm#query=SEX&position=17&from_view=search&track=sph&uuid=dfe06071-fc9d-4348-a2ba-74caad20107e
  • STI Treatment Guidelines Centers for Disease Control and Prevention - Chlamydia Treatment and Care (https://www.cdc.gov/std/chlamydia/treatment.htm). Accessed 22/12/2023
  • STI Treatment Guidelines Centers for Disease Control and Prevention - Chlamydial Infections (https://www.cdc.gov/std/treatment-guidelines/chlamydia.htm). Accessed 22/12/2023
  • WHO. Chlamydia (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/chlamydia). Accessed 22/12/2023
  • Cleveland Clinic. Chlamydia - (https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4023-chlamydia). Accessed 22/12/2023
  • Australian Management STI Guideline . Chlamydia - (https://sti.guidelines.org.au/sexually-transmissible-infections/chlamydia/). Accessed 22/12/2023
  • NHS. Treatment Chlamydia (https://www.nhs.uk/conditions/chlamydia/treatment/). Accessed 22/12/2023

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait