One Night Stand dan Risiko Bahaya Penyakit Yang Mengintai

Kelamin November 14, 2022
One Night Stand dan Risiko Bahaya Penyakit Yang Mengintai

Hubungan tanpa komitmen selalu menarik untuk dibahas. Ada beberapa lagu yang membahas tentang one night stand. Mulai dari Cinta Satu Malam - Melinda, sampai lagu berjudul sama yang dipopulerkan oleh musisi legendaris Janis Joplin. Namun, apa sih sebenarnya one night stand, serta risiko kesehatan apa saja yang akan terjadi akibat perilaku cinta satu malam ini?

Apa itu One Night Stand ?

Istilah one night stand atau cinta satu malam, adalah kegiatan “menghabiskan malam” dengan seseorang. Namun kedua orang tersebut tidak terikat dalam suatu hubungan. Dikutip dari IDN Times, “Pasangan one night stand (ONS) melewati malam dengan melakukan aktivitas seksual dengan sadar dan atas dasar saling mau. Sebelumnya, mereka bisa berkenalan melalui media sosial, perjumpaan di bar, atau tempat lain yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan orang asing.”

Kebiasaan ini banyak dilakukan terutama oleh kaum muda-mudi berusia produktif. Walau di Indonesia, kebiasaan ini termasuk perilaku yang tabu. Namun tak sedikit orang yang melakukan kebiasaan one night stand. 

Mengapa Banyak Orang Menyukai One Night Stand

Salah satu alasan ilmiah mengapa banyak orang menyukai one night stand adalah adanya gen yang mempengaruhi hal ini. Gen tersebut DRD4 yang membantu mengatur salah satu sel kimia dalam otak yakni dopamin.

Dopamin adalah salah satu saraf di otak yang paling serbaguna dan memainkan peran dalam sejumlah fenomena seperti memberikan perasaan kenikmatan dan memotivasi seseorang secara aktif untuk melakukan kegiatan tertentu yang menyenangkan. Kenikmatan seks, obat-obatan, minuman dan rangsangan yang menyenangkan adalah tugas yang dilakukan dopamin. Bahkan gen ini diyakini berperan mempengaruhi seseorang untuk selingkuh. Pada one night stand kesenangan yang didapatkan adalah mendapatkan pengalaman seksual baru, tentu saja dengan orang baru. Selain itu kebanyakan hubungan one night stand juga tidak menumbuhkan keterikatan emosional. Setelah hubungan dijalani, biasanya seperti menganggap tidak terjadi apa-apa pada keesokan harinya. Kebanyakan, hubungan one night stand disukai karena tidak terlalu “merepotkan”

Risiko Kesehatan dan Penyakit Akibat One Night Stand

Namun, bukan tanpa risiko, one night stand bisa menimbulkan beberapa jenis penyakit. Anda perlu mengetahui risiko ini sebelum melakukan ONS. Agar bisa lebih waspada terhadap dampak buruk yang mengintai anda. Berikut ini adalah risiko kesehatan yang akan muncul karena perilaku “cinta satu malam”

Terkena Penyakit Menular Seksual

Aktivitas berganti-ganti pasangan seksual dapat membuat anda beresiko tinggi terkena penyakit menular seksual. PMS adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, jamur, bakteri, dan parasit. Penyakit ini ditularkan melalui aktivitas seksual. Baik secara anal, vaginal dan oral. Terutama yang tidak menggunakan kondom. Bakteri, jamur, virus atau parasit penyebab IMS terbawa masuk oleh tubuh lewat cairan genital. Beberapa penyakit menular seksual yang dapat menular melalui one night stand antara lain.

Gonore (Kencing Nanah)

Kencing nanah atau gonore dapat menginfeksi pria dan wanita yang aktif secara seksual. Penyakit ini terjadi akibat infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, setelah masuk ke dalam tubuh bakteri ini akan bakteri berkembang di area yang hangat dan lembab di salah satu selaput lendir tubuh, seperti alat kelamin, mulut, tenggorokan, mata, dan anus. 

Penyakit ini menimbulkan gejala berupa keluarnya nanah dari organ intim, baik pada pria dan wanita, pendarahan, epididimitis pada pria dan radang panggul pada wanita. Penyakit Gonore berisiko menyebabkan komplikasi berupa kemandulan. Jika infeksi gonore dibiarkan dan tidak diobati dengan benar. 

Kencing nanah juga bisa menyebabkan penderitanya merasakan nyeri saat buang air kecil. Selain itu penyakit ini juga dapat menular ke janin jika sang ibu terinfeksi gonore melalui proses persalinan normal. Penderita Gonore juga beresiko tinggi terkena PMS lain seperti HIV dan Chlamydia.

Sifilis (Raja Singa) 

Penyakit menular seksual yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Gejala awal penyakit ini adalah munculnya luka pada tempat masuknya bakteri seperti di kemaluan, anus dan mulut. Selanjutnya raja singa akan menimbulkan ruam yang dapat menghilang dengan sendirinya di beberapa bagian tubuh. Seperti telapak tangan, lengan dada, punggung serta bagian tubuh lain. Walaupun ruam mereda, namun infeksi bakteri tetap terjadi dalam tubuh dan memasuki fase selanjutnya jika tidak diobati dengan benar. Penyakit sifilis memiliki empat tahapan infeksi yaitu:

Sifilis Tahap Primer

Sifilis Tahap Sekunder

Sifilis Tahap Laten 

Sifilis Tahap Tersier

Pengobatan Sifilis sebaiknya dilakukan sebelum infeksi memasuki tahap laten. Karena jika masuk ke tahap sifilis laten dan tersier. Infeksi penyakit ini sudah menyerang organ dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti stroke, jantung, meningitis. Hingga kematian akibat rusaknya fungsi organ.

Herpes Genital

Herpes genital atau herpes simplex disebabkan oleh virus HSV. Penyakit ini menyebabkan luka lepuhan yang berisi air dan terasa panas dan nyeri di bagian tubuh seperti mulut, anus dan area organ intim. Penyakit Herpes Simplex dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti:

Infeksi saluran kemih

Radang usus besar

Meningitis 

Penularan herpes genital pada bayi dari ibu yang terinfeksi

Beresiko tinggi terkena penyakit menular seksual lainnya.

Kutil Kelamin

Jika pasangan one night stand memiliki kutil pada area kemaluan dan anus. Sebaiknya hindari berhubungan intim dengan orang tersebut, walaupun menggunakan kondom sebagai pelindung. Anda bisa beresiko tinggi terkena kutil kelamin. 

Penyakit kutil kelamin disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus. Gejala yang ditimbulkan adalah munculnya kutil pada area genital, rasa gatal dan tidak nyaman pada area kemaluan disertai kemunculan keputihan abnormal pada wanita.
Kutil dapat tumbuh satuan atau berkelompok seperti bunga kol. Komplikasi Kutil Kelamin dapat menyebabkan munculnya kanker pada leher rahim, kanker mulut, kanker penis dan kanker anus. Pada ibu hamil, komplikasi kutil kelamin dapat menyebabkan gangguan pada proses persalinan bayi secara normal.

Penyakit Menular Seksual Lainnya

Selain ketika penyakit menular seksual diatas, anda juga bisa terkena penyakit menular seksual lain seperti Chlamydia, HIV, Trikomoniasis, dan lain-lain.

Tingkat Stress Yang Meningkat

Selain terkena penyakit menular seksual, seseorang yang memutuskan untuk melakukan one night stand dapat menimbulkan depresi. Hal ini bisa berkaitan dengan munculnya judgment pada diri orang tersebut dari pasangan ONS. Hal ini bisa meningkatkan rasa stress dan berpeluang menimbulkan depresi.

Selain gangguan kesehatan, one night stand juga bisa menimbulkan risiko berbahaya seperti terjadinya tindak kriminal. Karena belum saling mengenal latar belakang orang tersebut. Terutama bila one night stand dilakukan dengan orang random yang baru dikenal. Dan ternyata memiliki niat jahat terselubung.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Akibat One Night Stand

Penyakit menular seksual dapat disembuhkan, jika melakukan pengobatan dengan cepat dan benar. Pengobatan penyakit menular seksual dapat dilakukan dengan saat gejala baru muncul. Untuk mencegah komplikasi berbahaya dari IMS yang terjadi akibat one night stand.
Pengobatan PMS harus dilakukan oleh dokter, sebelumnya dokter akan melakukan serangkaian tes lab. Dokter akan mengambil sampel seperti cairan kelamin, dan darah. Untuk mengetahui jenis infeksi menular seksual apa yang diderita dan separah apa infeksinya.

Dokter akan melakukan pengobatan sesuai dengan jenis penyakit yang diderita. Setelah gejala membaik, dokter akan melakukan tes ulang untuk memastikan bahwa pasien sudah benar-benar sembuh dari penyakit menular seksual.

Dokter akan melakukan sesuai keluhan. Tindakan tersebut bisa pemberian obat minum dalam dosis dan jenis tertentu, injeksi, hingga operasi kecil untuk mengangkat kutil kelamin. Atau untuk IMS yang tidak bisa sembuh seperti HIV, dokter akan meresepkan obat yang akan diminum seumur hidup untuk mencegah infeksi berkembang menjadi AIDS.

Pengobatan Penyakit Menular Seksual Akibat One Night Stand Di Klinik Kirana

Jangan melakukan pengobatan sendiri tanpa petunjuk dan pengawasan dokter. Apalagi menggunakan obat secara sembarangan. Atau menggunakan obat yang belum diketahui kejelasan keamananya.
Anda dapat melakukan pengobatan penyakit menular seksual di Klinik Kirana. Klinik Kirana solusi bagi anda yang memiliki permasalahan penyakit menular seksual. Anda dapat melakukan pengobatan Gonore, Sifilis, Herpes Genital, Kutil Kelamin, Klamidia dan berbagai penyakit menular seksual lainnya di Klinik Kirana. 

Mengapa harus melakukan pengobatan di Klinik Kirana ?

Tim Dokter Profesional dan Berpengalaman

Anda akan ditangani oleh tim dokter yang profesional dan berpengalaman di Klinik Kirana. Anda akan diperiksa dengan sesama dan diobati dengan cara pengobatan yang tepat hingga infeksi anda sembuh. Tim dokter kami juga akan membantu anda memberikan informasi dan arahan saat proses pengobatan trikomoniasis untuk mempercepat proses penyembuhan infeksi anda.

Hasil Cek Lab Yang Akurat, Cepat dan Terpercaya

Klinik Kirana dilengkapi dengan laboratorium sendiri. Pemeriksaan lab anda akan ditangani oleh tim analis handal yang memastikan hasil tes anda akurat dan terpercaya. Sehingga pengobatan bisa dilakukan dengan tepat dan cepat.

Tim Medis Ramah Yang Siap Membantu Anda. 

Klinik Kirana juga memiliki tim medis handal dan ramah yang siap membantu anda saat melakukan pengobatan di Klinik Kirana. Jangan ragu untuk meminta bantuan saat anda mengalami kesulitan saat menjalani proses pengobatan di Klinik Kirana.

Biaya Pengobatan Yang Transparan.

Sebagian besar orang takut untuk melakukan pengobatan penyakit menular seksual karena khawatir akan biaya yang mahal. Di Klinik Kirana, anda bisa mendapatkan gambaran biaya pengobatan sampai sembuh. Sehingga anda bisa tahu, berapa biaya yang anda habiskan untuk melakukan pengobatan sampai sembuh.

Aman dan Memiliki Ijin Resmi

Klinik Kirana adalah klinik kulit kelamin dengan ijin resmi. Dengan Akte Notaris Dwi Suswanti S.H., M.KN. 4022032031104820 dan Surat Keputusan dari Menkumham dengan No: AHU-0020573.AH.01.01.2022 jangan ragu lagi untuk melakukan pengobatan di Klinik Kirana. Tidak perlu khawatir calo atau penipuan, semua pembayaran secara non tunai hanya dilakukan melalui rekening bank BCA resmi Klinik Kirana, yaitu 0833671119 atas nama PT Kirana Eka Medika

Konsultasi Gratis 24 Jam

Masih ragu untuk melakukan pengobatan? Anda bisa terlebih dahulu melakukan konsultasi online gratis 24 jam melalui Whatsapp konsultan Klinik Kirana. Anda dapat menanyakan apapun seputar keluhan anda melalui konsultasi online sebelum melakukan pengobatan langsung ke Klinik Kirana.

Jangan lupa untuk rutin melakukan screening kesehatan minimal 1 tahun sekali agar jika terjadi infeksi, segera bisa dilakukan pengobatan di Klinik Kirana. Dapatkan diskon 10% untuk layanan cek laboratorium IMS. Hanya di Klinik Kirana. Berlaku hingga 31 Desember 2022.

https://klinikkirana.com/sifilis-raja-singa-235

Cara Menghindari Risiko Penyakit Menular Seksual Akibat One Night Stand

Untuk menghindari bahaya IMS, sebaiknya anda tidak melakukan one night stand. Serta tidak melakukan hubungan seks berganti-ganti pasangan. Serta menghindari berhubungan seks dengan orang yang tidak diketahui riwayat kesehatannya.
Gunakan kondom saat melakukan hubungan intim, untuk memperkecil risiko terkena IMS akibat one night stand.

 

Ditinjau Oleh : dr Hadi Purnomo

Referensi Artikel : 

IDN Times ( 2022) One Night Stand Artinya Apa? Ini Fakta Menarik dan Risikonya

Detik.com (2011) Alasan Ilmiah di Balik 'Cinta Satu Malam'

Alodokter (2022) Komplikasi Herpes Genital (Herpes Simplex)

Halodoc (2020) Inilah Gejala Sifilis Sesuai dengan Tahap Perkembangannya

Alodokter (2021) Komplikasi Kutil Kelamin

 

Baca Juga : 

Bahaya Kutil Kelamin Pada Ibu Hamil dan Cara Pengobatannya  

Bisa Menyebabkan Kebutaan, Ini Bahaya Gonore Pada Mata Bayi

Kenali Gejala Sifilis Pada Ibu Hamil

 

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait
Artikel Terbaru