Warna Keputihan Kuning, Pahami Penyebab Perubahan Warnanya

Ginekologi February 4, 2024
Warna Keputihan Kuning, Pahami Penyebab Perubahan Warnanya

Keputihan atau vaginal discharge adalah cairan bening, putih, atau putih keabu-abuan yang keluar dari vagina. Cairan ini diproduksi oleh rahim, serviks, dan vagina, dan sebagian besar terdiri dari sel dan bakteri. Vaginal discharge membantu membersihkan dan melumasi vagina, serta membantu melawan bakteri jahat dan infeksi.

Keputihan adalah proses alami dan normal, tetapi perubahan pada keputihan dapat menjadi tanda infeksi atau penyakit, wanita memiliki jumlah keputihan yang bervariasi. Beberapa wanita memproduksi lebih banyak keputihan dari pada yang lain, biasanya menjadi ke khawatiran ketika warna keputihan berubah menjadi kuning atau warna lain.

Keputihan berwarna kuning itu tanda apa?

Keputihan berwarna kuning biasanya menandakan adanya infeksi bakteri, infeksi penyakit menular seksual (IMS), perubahan hormonal atau Anda sedang mengalami alergi.

Walaupun Anda mengalami keputihan berwarna kuning yang cenderung menandakan infeksi, tapi itu tidak selalu. Jika cairannya berwarna kuning pucat, tidak berbau, dan tidak disertai dengan gejala lain, ini mungkin bukan merupakan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, dalam beberapa kasus, cairan kuning bisa menjadi tanda infeksi menular seksual (IMS) atau infeksi bakteri

Baca Selanjutnya tentang perbedaan warna pada keputihan : Pahami Jenis dan Warna Keputihan

Infeksi apa saja yang menyebabkan warna keputihan kuning?

Ada beberapa faktor dan kemungkinan menyebabkan keputihan berubah kuning atau berbau tidak sedap, seperti mengalami infeksi yang disebabkan oleh hubungan seks dan Mengalami iritasi di dalam atau sekitar vagina, berikut adalah beberapa infeksi yang dapat menyebabkan keputihan berubah warna kuning:

1. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang didapat dari berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi. Parasit menyebabkan trikomoniasis. Itu membuat keputihan Anda berwarna kuning dan bergelembung atau berbusa.

2. Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterialis terjadi ketika terdapat terlalu banyak bakteri tertentu di vagina Anda. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual tetapi tidak selalu. Penderita BV mengeluarkan cairan berwarna kuning atau abu-abu yang berbau busuk dan amis.

3. Gonore dan klamidia

Klamidia dan gonore adalah dua IMS umum yang bisa didapat dari berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi. Kedua infeksi tersebut diobati dengan antibiotik dari penyedia layanan kesehatan Anda. Beberapa orang dengan infeksi ini mengalami keputihan yang keruh, kuning atau hijau. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar, menyebabkan penyakit radang panggul disertai nyeri panggul.

Kapan Harus Konsultasi ke Dokter?

Jika Anda mendapati cairan keputihan ada perubahan warna seperti kuning, tekstur, dan bau. Kondisi ini dapat menjadi tanda untuk bahwa Anda sedang mengalami gejala yang perlu di konsultasikan dengan Dokter.

Lakukan pemeriksaan ke Dokter jika Anda mengalami keputihan yang tidak bisa Anda kenali atau terindikasi seperti perubahan warna atau tekstur pada penjelasan di artikel ini, jika gejala tidak kunjung membaik setelah menjalani perawatan mandiri di rumah. Anda bisa konsultasi di Klinik Kirana, Klinik Kirana menyediakan layanan konsultasi online gratis, sehingga Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Ahli kami kapan saja dan di mana saja.

Klinik Kirana berkomitmen untuk memberikan layanan medis terbaik bagi setiap pasien. Kami memahami bahwa masalah keputihan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan malu. Oleh karena itu, kami akan menjamin privasi dan kerahasiaan Anda selama konsultasi dan pengobatan.

• American Academy of Family Physicians. Vaginal Discharge (https://familydoctor.org/condition/vaginal-discharge/). Accessed 14/11/2023.
  • ACOG. Vulvovaginal Health (https://www.acog.org/womens-health/faqs/vulvovaginal-health). Accessed 14/11/2023.
  • Bishop GB. Vaginal Discharge (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK281/). In: Walker HK, Hall WD, Hurst JW, editors. Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations. 3rd edition. Boston: Butterworths; 1990. Chapter 172. Accessed 7/5/2022.
  • Merck Manual Consumer Version. Vaginal Bleeding (https://www.merckmanuals.com/home/women-s-health-issues/symptoms-of-gynecologic-disorders/vaginal-bleeding). Accessed 14/11/2023.
  • National Health Service. Vaginal discharge (https://www.nhs.uk/conditions/vaginal-discharge/). Accessed 14/11/2023