Kenali Macam-Macam Metode Sunat, Dari Konvensional hingga Modern

Kelamin July 26, 2023
Kenali Macam-Macam Metode Sunat, Dari Konvensional hingga Modern

Sirkumsisi atau sunat adalah proses operasi yang dilakukan untuk memotong sebagian atau seluruh kulit luar penis pada pria. Ada banyak alasan mengapa sunat perlu dilakukan, yang utama adalah kebersihan penis lebih terjaga setelah sunat. Untuk melaksanakan sunat ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Berikut adalah macam-macam metode sunat.

1. Metode Klem

Sesuai dengan namanya, metode klem adalah salah satu cara melakukan sunat dengan memasang klem yang sesuai dengan ukuran batang penis. Setelah klem terpasang, kulit luar atau kulup akan dipotong menggunakan pisau bedah. Klem akan terus dipasang pada batang penis hingga luka mengering.

Menggunakan klem berarti tidak perlu ada jahitan sehingga minim pendarahan. Proses penyembuhan cenderung lebih cepat dan rasa nyeri tidak terlalu sakit adalah keunggulan metode klem. Namun, metode klem tetap memiliki kekurangan, yakni harga lebih mahal dan ada risiko klem menggantung di penis.

2. Metode Iris Gunting atau Konvensional

Metode ini bisa dibilang metode tertua dalam proses sunat. Proses sunat ini dilakukan dengan cara memotong atau menggunting langsung kulup menggunakan gunting atau pisau bedah.

Meski termasuk metode konvensional, hingga hari ini masih banyak klinik sunat yang menawarkan metode iris gunting. Hal ini disebabkan biaya yang lebih murah dan minim risiko. Namun, metode ini membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama, juga rasa sakit yang lebih tinggi dibanding metode lain.

3. Metode Stapler

Metode stapler adalah metode yang hampir sama dengan potong. Bedanya setelah dipotong, proses penjahitan dilakukan menggunakan stapler. Stapler yang digunakan berbentuk seperti lonceng. Lonceng bagian dalam untuk melindungi kepala penis. Dan lonceng luar dilengkapi pisau bundar yang digunakan untuk memotong kulit.

Keunggulan metode ini adalah jahitan yang dihasilkan lebih kuat dan pendarahan sedikit. Namun, metode ini membutuhkan biaya yang lebih mahal, dan hanya bisa dilakukan oleh remaja hingga orang dewasa.

4. Metode Sunat Laser

Metode sunat laser adalah proses sunat yang dilakukan menggunakan laser yang dihasilkan dari pemanas elektrik. Laser yang panas ditembakan ke ujung penis untuk memotong kulup. Metode sunat laser adalah salah satu proses operasi sunat yang paling cepat sehingga paling banyak dipilih.

Dengan menggunakan metode laser jahitan dan pendarahan yang dihasilkan lebih sedikit. Selain itu, proses penyembuhan lebih cepat dan perawatan yang mudah. 

Baca Juga: Memberikan Dampak Positif, Ini 4 Perbedaan Penis yang Disunat dan Tidak Disunat

Di atas adalah penjelasan macam-macam metode sunat yang sudah ada di Indonesia, dari yang konvensional hingga yang paling canggih. Jika ditinjau dari kelebihan dan kekurangan, metode sunat laser adalah yang paling tepat, biaya tidak terlalu mahal dan penyembuhan yang lebih mudah. Kamu bisa melaksanakan sunat laser di Klinik Kirana. 

Sudah ditinjau oleh dr. Hadi

Artikel ini Disusun Oleh Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Aris Nugroho. Diakses 2023. Mengenal Beragam Jenis Sunat Modern yang Kian Populer
  • Sumber Gambar Feature Image: Freepik Premium

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait