Komplikasi Gonore Pada Wanita Jika dibiarkan

Kelamin December 1, 2023
Komplikasi Gonore Pada Wanita Jika dibiarkan

Mengingat berbagai risiko dan dampak serius dari gonore, penting bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan segera jika terinfeksi. Pendidikan kesehatan dan kesadaran tentang penyakit ini juga sangat penting untuk mencegah penyebaran dan komplikasi gonore.

Komplikasi Gonore pada Wanita 

Saat gonore dibiarkan, bakteri penyebab gonore akan menyebar ke berbagai bagian tubuh lainnya dan bisa menyebabkan komplikasi yang serius. Berikut merupakan beberapa komplikasi yang bisa terjadi apabila gonore dibiarkan.

Infertilitas atau Kemandulan

Salah satu dampak paling serius dari gonore adalah infertilitas. Gonore menyebabkan peradangan pada saluran tuba dan organ reproduksi wanita, mengganggu fungsi normalnya dan berpotensi mengakibatkan kemandulan. Kondisi ini menjadi lebih rumit karena banyak wanita yang terinfeksi gonore tidak menunjukkan gejala yang jelas hingga kerusakan sudah terjadi.
Jika gonore tidak ditangani dalam jangka waktu yang lama maka dapat merusak jaringan reproduksi, menyumbat saluran tuba, dan mengakibatkan pembuahan terganggu.

Bahaya bagi Janin

Wanita hamil yang terinfeksi gonore berada dalam risiko tinggi mengalami komplikasi kehamilan. Gonore dapat menular ke bayi selama proses persalinan, meningkatkan risiko kelahiran prematur, dan berbagai masalah kesehatan lain pada bayi. Oleh karena itu, skrining gonore sangat penting dilakukan pada wanita hamil.

Infeksi gonore pada bayi yang baru lahir juga dapat menyebabkan konjungtivitis (infeksi mata) dan infeksi sistemik yang serius.

Meningitis dan Perikarditis

Meski jarang, gonore bisa menyebabkan meningitis dan perikarditis, yang merupakan kondisi serius dan bisa berakibat fatal. Komplikasi ini terjadi ketika infeksi menyebar ke otak atau jantung, menimbulkan masalah kesehatan yang serius dan memerlukan penanganan medis segera.

Pengaruh pada Kualitas Hidup

Infeksi gonore dapat berdampak besar pada kualitas hidup. Gejala seperti nyeri saat berhubungan seksual, perasaan malu, dan depresi sering menghantui wanita yang terinfeksi. Dampak psikologis ini tidak boleh diabaikan dan memerlukan dukungan serta pengobatan yang tepat.

Infeksi Darah

Gonore yang tidak diobati dapat menyebar melalui aliran darah, menyebabkan infeksi yang lebih luas di organ tubuh lainnya. Kondisi ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa, membutuhkan perawatan intensif.

Inflamasi Mata

Infeksi gonore yang menyebar ke mata dapat menyebabkan gejala seperti mata merah dan iritasi, bahkan bisa berujung pada kebutaan. Oleh karena itu, pencegahan penyebaran infeksi ini sangat penting.

Pembengkakan dan Ulserasi Tenggorokan

Infeksi gonore di tenggorokan seringkali terjadi tanpa disadari. Gejala yang muncul bisa berupa sakit tenggorokan, pembengkakan amandel, hingga keluarnya nanah saat buang air kecil. Kondisi ini memerlukan penanganan segera untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

Baca Juga : Waktu Penyembuhan Setelah Pengobatan Gonore.

Konsultasi Gonore bersama Klinik Kirana

Setelah mengetahui komplikasi gonore pada wanita, pastikan jika anda mengalami beberapa hal di atas untuk segera mengunjungi fasilitas kesehatan dengan segera. Pilihlah fasilitas kesehatan yang terpercaya serta memiliki tenaga medis yang profesional, seperti di Klinik Kirana

Pada Klinik Kirana terdapat layanan khusus pengobatan gonore yang bisa anda kunjungi, konsultasikan gejala yang anda alami dengan Klinik Kirana untuk mendapatkan pengobatan yang akurat. Klik disini, untuk Konsultasikan Pengobatan Gonore bersama Klinik Kirana.

  

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • RACGP – Sexually Transmissible Infections.(https://www.racgp.org.au/clinical-resources/clinical-guidelines/key-racgp-guidelines/view-all-racgp-guidelines/guidelines-for-preventive-activities-in-general-pr/communicable-diseases/sexually-transmissible-infections). Accessed 03/12/2023
  • Australian STI Management Guidelines. (https://sti.guidelines.org.au/sexually-transmissible-infections/gonorrhoea/). Accessed 03/12/2023
  • Betterhealth. Gonorrhoea (https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/gonorrhoea). Accessed 03/12/2023
  • Gonorrhea – CDC Detailed Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/gonorrhea/stdfact-gonorrhea-detailed.htm). Accessed 03/12/2023
  • Vinmec.
  • Signs and complications of gonorrhea in women - (https://www.vinmec.com/en/news/health-news/signs-and-complications-of-gonorrhea-in-women/). Accessed 03/12/2023

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait