Kenali 5 Pencegahan Kondiloma Akuminata Sebelum Terlambat

Kelamin September 8, 2023
Kenali 5 Pencegahan Kondiloma Akuminata Sebelum Terlambat

Ada banyak sekali jenis penyakit kelamin yang perlu anda kenali, terutama jika anda aktif melakukan hubungan seksual.

Salah satunya adalah kondiloma akuminata atau kutil kelamin yang biasa ditandai dengan benjolan daging seperti bunga kol.

Kondiloma akuminata juga dianggap sebagai tumor atau kanker dan bisa mengidap pria dan wanita. Ukuran benjolan juga tidak selalu sama, bisa berukuran sangat kecil sehingga tidak terlihat.

Cara Mencegah Penyakit Kondiloma Akuminata

Jelas tidak ada yang ingin terkena penyakit ini. Oleh karena itu, anda perlu melakukan beberapa hal agar terhindar dari penyakit Kondiloma Akuminata.

Simak tips mencegah penyebaran dan munculnya Kondiloma Akuminata berikut ini.

1. Setia Pada Satu Pasangan

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan. Sebaiknya anda setia dengan satu pasangan saat melakukan hubungan seksual. Perilaku seksual berganti pasangan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kondiloma akuminata.

2. Menggunakan Kondom untuk Hubungan Seksual Berisiko

Penyebaran penyakit kondiloma akuminata seringkali disebabkan karena tidak menggunakan kondom ketika melakukan penetrasi saat berhubungan seksual. Melakukan seks tanpa kondom dapat meningkatkan kemungkinan tersebarnya penyakit. 

Oleh karena itu, saat aktif melakukan hubungan seks dengan pasangan sebaiknya anda tetap menggunakan kondom.

3. Lakukan Pemeriksaan Bersama Pasangan

Seperti yang sudah disampaikan bahwa seringkali kondiloma akuminata tidak terlihat keberadaannya, oleh karena itu sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mencegah terjadinya penyebaran.

Jika anda sudah mengetahui bahwa anda atau pasangan anda mengidap penyakit kondiloma akuminata segera lakukan pengobatan ke dokter dan hentikan sementara hubungan seks hingga benar-benar sembuh.

Sementara itu, jika anda dan pasangan sama-sama mengalami kondiloma akuminata, lakukan lah pengobatan bersama karena jika hanya salah satu yang diobati, memungkinkan kembali terjadinya penularan.

4. Vaksin HPV

Cara terbaik untuk mencegah tersebarnya kutil kelamin dan sembuh secara total adalah melakukan vaksin HPV. Vaksin HPV berfungsi mencegah infeksi penyakit kelamin yang disebarkan oleh virus Human papillomavirus.

Pemberian vaksin ini sangat bermanfaat karena dapat mencegah anda yang belum pernah terkena kutil kelamin. Selain itu, vaksin HPV juga berfungsi untuk menyembuhkan anda secara total agar kutil kelamin tidak lagi kambuh.

Meski demikian, tidak ada obat yang mampu menghilangkan HPV dari dalam tubuh, obat hanya berguna menangani gejala.

Pemberian vaksin HPV dilakukan dengan tiga tahap, yakni pada bulan pertama, kedua, dan keenam.

5. Pap Smear

Cara lain untuk mengetahui apakah anda mengidap kutil kelamin atau tidak adalah dengan melaksanakan pap smear. Pap smear biasanya digunakan untuk mendeteksi kanker serviks pada wanita.

Namun, pap smear juga bisa digunakan untuk mendeteksi sel-sel abnormal yang terdapat dalam rahim yang dapat berkembang menjadi kanker. Pap smear sebaiknya dilakukan saat memasuki usia subur.

Selain itu, jika anda berniat memiliki momongan, sebaiknya lakukan pap smear sebelum hamil untuk memastikan anda tidak terkena kutil kelamin.

Baca Juga: Apakah Kutil Kelamin bisa Sembuh? Simak Pengobatan beserta Efek Sampingnya

Konsultasikan Gejala Kutil Kelamin di Klinik Kirana

Kini anda telah mengetahui apa yang dimaksud dengan kondiloma akuminata atau kutil kelamin serta cara mencegahnya. 

Jika anda merasa ada benjolan kecil pada kelamin, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendeteksi benjolan tersebut dengan akurat.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai gejala kutil kelamin di Klinik Kirana.

 

Sudah ditinjau oleh dr. Hadi

 

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Ratnasari, Diana Tri. (2016). Kondiloma Aluminata. Jurnal Ilmiah Kedokteran. Vol 5, No. 2.
  • Sumber Gambar: Freepik Premium

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait