Keputihan Saat Hamil? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Ginekologi September 22, 2023
Keputihan Saat Hamil? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Keputihan Saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Tidak, Keputihan saat hamil di katakan bahaya jika mengalami keputihan abnormal. Keputihan merupakan keluhan ginekologi yang sering terjadi pada wanita selama masa reproduksinya dan terutama selama kehamilan.

Keputihan abnormal karakteristiknya bervariasi seperti warnanya ada yang putih kotor hingga hijau kekuningan dan mungkin berbau busuk. keputihan abnormal umumnya disebabkan oleh infeksi vagina seperti bakterial vaginosis, trichomonas vaginalis dan kandidiasis vagina atau vaginitis kandidiasis, yang juga dikenal sebagai kandidiasis vulvovaginal.

Tanda Keputihan Abnormal Saat Kehamilan

Selama kehamilan, keputihan yang normal cenderung berwarna bening atau putih, memiliki tekstur tipis, sementara Keputihan abnormal saat hamil  memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

• Berwarna putih susu, kuning, hijau, atau keabu-abuan
  • Berbau amis, busuk, atau menyengat
  • Bertekstur kental, berbusa, atau seperti keju
  • Mengiringi gejala lain, seperti gatal, nyeri, atau iritasi pada vagina

Penyebab infeksi

Infeksi adalah penyebab paling umum dari keputihan abnormal saat hamil. Infeksi yang dapat menyebabkan keputihan abnormal saat hamil antara lain:

• Infeksi bakteri, seperti bakterial vaginosis, trikomoniasis, dan gonore
  • Infeksi jamur, seperti kandidiasis vagina
  • Infeksi parasit, seperti trikomoniasis

Penyebab non-infeksi

Keputihan abnormal saat hamil juga dapat disebabkan oleh faktor non-infeksi, seperti:

• Perubahan hormon, seperti saat kehamilan, menyusui, atau menopause
  • Alergi terhadap deterjen, sabun, atau bahan kimia lain yang digunakan pada pakaian dalam atau produk kebersihan vagina
  • Pakaian dalam yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan sintetis
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes atau kanker serviks

Gejala lain

Keputihan abnormal saat hamil dapat disertai dengan gejala lain, seperti:

• Gatal
  • Nyeri
  • Iritasi
  • Pendarahan
  • Nyeri saat buang air kecil

Jika Anda mengalami keputihan abnormal saat hamil, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Pengobatan keputihan abnormal saat hamil akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Lalu, Apakah Mengalami Keputihan Saat Hamil itu Wajar?

Ya, sangat wajar sekali, Jumlah keputihan normal saat hamil dapat bervariasi, tergantung pada fase kehamilan. Pada trimester pertama, keputihan biasanya lebih sedikit. Pada trimester kedua, keputihan biasanya bertambah banyak. Pada trimester ketiga, keputihan biasanya kembali berkurang. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron pada kehamilan.

Baca Selanjutnya di sini mengenai: Jenis dan Warna Keputihan - Mengenal Perbedaannya
Baca Selanjutnya di sini mengenai: Bahaya Keputihan Kental dan Bau

Keputihan Seperti Apa yang harus diperhatikan selama kehamilan?

Jika Anda memiliki keputihan yang tidak biasa bagi Anda, Ini bisa menjadi tanda infeksi. Ada 2 infeksi yang umum terjadi selama kehamilan: sariawan pada vagina dan vaginosis bakterial. Ini tidak menular secara seksual.

Jika Anda memiliki sariawan pada vagina, keputihan Anda mungkin kental dan putih seperti keju cottage, dengan rasa sakit dan gatal.

Lalu, Jika Anda memiliki vaginosis bakterial, keputihan Anda mungkin berwarna abu-abu atau hijau dan berair dengan bau amis. Anda mungkin merasa gatal dan tidak nyaman. Ini dapat menyebabkan masalah selama kehamilan, seperti kelahiran prematur.

Banyak orang yang sedang hamil memiliki vaginosis bakterial dan sekitar setengah dari mereka tidak memiliki gejala apapun. Namun, Jika terindikasi memiliki gejala, dokter akan melakukan test untuk menidentifikasi lebih jauh masalah vaginosis bakterial.

Infeksi yang ditandai dengan keputihan abnormal bisa berdampak pada kesehatan ibu dan bayi, seperti risiko kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan infeksi pada bayi.

Kapan Harus Menghubungi Dokter

Jika mengalami perubahan pada keputihan seperti disebutkan di atas, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Diagnosis dan pengobatan dini sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Anda dapat melakukan pencegahan yang meliputi menjaga kebersihan area intim, menggunakan pakaian dalam yang bersih dan tidak ketat, serta menghindari produk pembersih yang berpotensi mengganggu keseimbangan pH vagina saat massa hamil.

Penting untuk memperhatikan perubahan yang bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Konsultasi dengan dokter adalah langka

• Pregnancybirthbaby.org.au - Vaginal discharge during pregnancy. ( https://www.pregnancybirthbaby.org.au/vaginal-discharge-during-pregnancy ). Accessed 23 Nov 2023
  • NHS - Vaginal discharge in pregnancy. ( https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/vaginal-discharge ). Accessed 23 Nov 2023
  • da Fonseca TM, Cesar JA, Mendoza-Sassi RA, Schmidt EB. Pathological Vaginal Discharge among Pregnant Women: Pattern of Occurrence and Association in a Population-Based Survey. Obstet Gynecol Int. 2013;2013:590416. doi: 10.1155/2013/590416. Epub 2013 Jun 17. PMID: 23843798; PMCID: PMC3703429. Accessed 23 Nov 2023