4 Langkah Melakukan Pengobatan Kencing Nanah Yang Tepat - Sesuai Anjuran Dokter

Kelamin November 2, 2023
4 Langkah Melakukan Pengobatan Kencing Nanah Yang Tepat - Sesuai Anjuran Dokter

kencing nanah adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Penularan bakteri ini dapat terjadi melalui kontak seksual tanpa pengaman. Untuk mengatasi infeksi ini, pengobatan yang tepat dan sesuai anjuran dokter sangat penting.

Oleh karna itu Anda tidak dianjurkan sembarang dalam membeli obat tanpa melewati proses penangan yang tepat dari dokter. Pengobatan yang tepat tidak hanya menghilangkan bakteri, tetapi juga mencegah komplikasi serius. Berikut adalah langkah-langkah penting dalam pengobatan gonore:

1. Pemeriksaan Fisik

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengidentifikasi tanda-tanda kencing nanah. Jika terdapat tanda dan gejala yang mengarah pada infeksi kencing nanah, dokter akan menginstruksikan pemeriksaan lanjutan.

Konsultasi dan Diagnosa oleh Dokter:

  • Pasien yang diduga mengidap Kencing Nanah harus melakukan konsultasi dengan dokter.
  • Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosa.

2. Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk memastikan diagnosa Kencing Nanah. Cairan tubuh serta darah pasien akan diperiksa di laboratorium untuk mendeteksi keberadaan bakteri penyebab Kencing Nanah.

Kultur Bakteri

Standar emas (gold standard) dalam mendiagnosa Kencing Nanah adalah melalui kultur bakteri. Pemeriksaan ini melibatkan pengambilan sampel cairan dari pasien yang kemudian dibiakkan di laboratorium untuk mendeteksi keberadaan bakteri Neisseria gonorrhoeae​. Namun, pemeriksaan kultur ini memerlukan waktu antara dua hingga tiga hari dan bisa menjadi mahal, selain itu juga tergantung pada operator dan tidak selalu tersedia di setiap fasilitas kesehatan​.

Pemeriksaan Gram Dan Mikroskopis Molekuler

Pemeriksaan Gram adalah teknik pengecatan yang digunakan untuk mendeteksi bakteri berdasarkan karakteristik dinding sel mereka. Bakteri Neisseria gonorrhoeae akan terlihat sebagai diplokokus gram-negatif intraseluler pada pemeriksaan ini​. Selain pemeriksaan gram, ada juga teknik mikroskopis dan molekuler yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan bakteri penyebab Kencing Nanah.

3. Proses Pengobatan Gonore

Untuk mengobati gonore, Anda akan membutuhkan antibiotik. Pasangan Anda juga perlu mendapatkan pengobatan. CDC saat ini merekomendasikan suntikan Ceftriaxone, dengan dosis berdasarkan berat badan:

  • 500 miligram Ceftriaxone jika berat badan Anda kurang dari 150 kilogram.
  • 1 gram Ceftriaxone jika berat badan Anda lebih dari 150 kilogram.

Jika Anda alergi terhadap Cetriaxone, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin memberikan suntikan Gentamicin (240 miligram) ditambah 2 gram Azithromycin. Azithromycin diambil secara oral (melalui mulut).

Penting untuk di ingat bahwa semua dosis resep harus datang dari dokter dan melalui konsultasi serta diagnosa yang benar.

Penting untuk mempertimbangkan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh pengobatan. Pengobatan dapat membersihkan tubuh Anda dari bakteri. Namun, pengobatan tidak dapat:

  • Mengembalikan kerusakan pada tubuh Anda yang mungkin telah disebabkan oleh infeksi sebelum pengobatan.
  • Melindungi Anda dari infeksi gonore di masa depan.

Penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan setelah pengobatan agar Anda tidak terinfeksi kembali.

4. Pentingnya Menyelesaikan Pengobatan

Sangat penting untuk menjalani pengobatan hingga tuntas sesuai anjuran dokter untuk mencegah kekambuhan Kencing Nanah. Pengobatan yang tidak dijalankan hingga tuntas bisa menyebabkan Kencing Nanah muncul kembali dan bahkan bisa menyebabkan resistensi terhadap antibiotik, yang akan mempersulit pengobatan di kemudian hari.

Jika Anda atau pasangan Anda mengalami gejala Kencing Nanah, segera konsultasikan diri ke dokter atau klinik terpercaya seperti Klinik Kirana. Dapatkan pengobatan tepat untuk Kencing Nanah dan pastikan untuk menjalani pengobatan hingga tuntas sesuai anjuran dokter.

Konsultasikan Pengobatan Kencing Nanah bersama Klinik Kirana

Apabila kamu pernah melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang terindikasi mengidap kencing nanah, segeralah periksakan diri untuk dapat mencegahnya terjadi gejala mengganggu akibat Kencing Nanah. Kunjungi fasilitas medis dengan tenaga medis terpercaya dan sudah memiliki pengalaman mengobati Kencing Nanah.

Kamu bisa mengkonsultasikan gejala Kencing Nanah yang dirasa dengan Klinik Kirana, kunjungi halaman layanan Klinik Kirana untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai penyakit Kencing Nanah dan melakukan konsultasi secara gratis. Klik disini, untuk Konsultasikan Pengobatan Kencing Nanah bersama Klinik Kirana

 

Baca Juga : Hindari Aktivitas Seks Berikut Agar Terhindar dari Gonore

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Handsfield HH, Lipman TO, Harnisch JP, Tronca E, Holmes KK. Asymptomatic gonorrhea in men. N Engl J Med, 290(3), 117–123 (1974).
  • Peterman T, Tian L, Metcalf C et al. High incidence of new sexually transmitted infections in the year following a sexually transmitted infection: a case for rescreening. Ann Intern Med, 145(8), 564–572 (2006).
  • Harrison WO, Hooper MR, Wiesner PJ et al. A trial of minocycline given after exposure to prevent gonorrhea. N Engl J Med, 300(19), 1074–1078 (1979).
  • https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/gonorrhoea (neisseria-gonorrhoeae-infection)
  • https://www.cdc.gov/std/gonorrhea/stdfact-gonorrhea-detailed.htm

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait