Sifilis Pada Wanita dan Hal Yang Harus di Pahami

Kelamin November 28, 2023
Sifilis Pada Wanita dan Hal Yang Harus di Pahami

Pemahaman yang mendalam tentang tahapan sifilis penting bagi wanita untuk mengenali tanda-tanda awal dan mengambil langkah cepat dalam pengobatan. Tahap primer dan sekunder, merupakan tahap awal penyakit. Pada tahap latent, sifilis tidak menunjukkan gejala namun tetap aktif di dalam tubuh. Tahap ini sangat berbahaya karena tanpa gejala, banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi dan memerlukan pengobatan karena  sifilis memiliki gejala yang mirip dengan banyak infeksi lain, membuatnya sulit untuk didiagnosis secara awal.

Penyebaran Sifilis pada Wanita

Sifilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menimbulkan komplikasi jangka panjang jika tidak ditangani sejak awal. Penyakit ini menyebar melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Banyak kasus sifilis terjadi tanpa disadari, karena luka atau infeksi bisa tidak terlihat. Penularannya bisa terjadi karena adanya kontak seperti hubungan sexual dan kontak dengan luka sifilis sehingga tertular infeksi melalui kulit yang terluka, vagina, anus, mulut, tenggorokan, atau Wanita hamil dengan sifilis juga dapat menularkannya ke bayi mereka selama kehamilan.

Diagnosis Sifilis Pada Wanita

Diagnosis sifilis biasanya dimulai dengan wawancara medis dan pemeriksaan fisik oleh dokter. Dokter akan mencari tanda-tanda klinis infeksi, seperti adanya luka pada genital, mulut, atau area lainnya. Jika ada luka, sampel dari luka tersebut mungkin akan diambil untuk pemeriksaan laboratorium.

Selain itu, tes darah umumnya digunakan untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap bakteri penyebab sifilis. Tes ini dapat menunjukkan infeksi saat ini atau sebelumnya. Dalam beberapa kasus, terutama jika dikhawatirkan adanya komplikasi pada tahap lanjut, dokter mungkin merekomendasikan tes lanjutan seperti pungsi lumbal untuk mengecek cairan serebrospinal.

Pengobatan Sifilis pada Wanita 

Pengobatan utama untuk sifilis di semua tahap adalah antibiotik. Antibiotik yang paling sering digunakan adalah penisilin. Penisilin telah terbukti sangat efektif dalam mengobati sifilis dan merupakan pilihan pertama untuk pengobatan pada wanita dan pria.

Perbedaan pengobatan antara wanita dan pria biasanya tidak terlalu signifikan, karena bakteri penyebab sifilis bereaksi sama terhadap antibiotik pada kedua jenis kelamin. Namun, pada wanita hamil, pengobatan harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari risiko terhadap janin. Penisilin adalah antibiotik yang aman dan efektif untuk wanita hamil.

Penting untuk menyelesaikan seluruh rangkaian pengobatan yang diresepkan oleh dokter. Jika seseorang alergi terhadap penisilin, dokter akan merekomendasikan antibiotik alternatif. Selama masa pengobatan, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seksual sampai dinyatakan sembuh sepenuhnya oleh dokter.

Sifilis dan Hubungannya dengan HIV

Wanita dengan sifilis memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi HIV. Luka yang terbentuk pada tahap awal sifilis dapat membuat lebih mudah bagi virus HIV untuk masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, pencegahan dan pengobatan sifilis tidak hanya penting untuk mencegah penyakit itu sendiri, tetapi juga untuk mengurangi risiko terinfeksi HIV.

Sifilis Kongenital dan Kehamilan

Setiap wanita hamil harus diuji untuk sifilis. Jika seorang wanita hamil memiliki sifilis, ia dapat menularkan infeksi ke bayinya selama kehamilan atau kelahiran. Sifilis selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai masalah serius, termasuk keguguran, kelahiran prematur, atau bahkan kematian bayi segera setelah lahir. Pengobatan untuk wanita hamil dan bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi sangat penting untuk menghindari masalah ini.

Sifilis kongenital terjadi ketika seorang wanita hamil menularkan infeksi kepada janin selama masa kehamilan. Infeksi ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada bayi dan anak-anak, termasuk kematian. Sifilis pada ibu hamil tidak hanya berisiko terhadap kesehatannya sendiri, tetapi juga sangat berbahaya bagi janin yang dikandungnya.

Pengujian untuk penyakit menular seksual (PMS), termasuk sifilis, seharusnya menjadi bagian dari perawatan prenatal di awal kunjungan prenatal. Penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan skrining dini dan menerima pengobatan segera jika terdiagnosis dengan sifilis.

Baca disini : Kenali Gejala Sifilis Pada Ibu Hamil

Baca disini : Sifilis kongenital pada Bayi, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Pencegahan Sifilis

Untuk menghindari penularan sifilis, praktikkan seks yang lebih aman dengan mengurangi jumlah pasangan seksual dan menggunakan kondom (jenis pria atau wanita) setiap kali melakukan hubungan seksual, termasuk seks vaginal, anal, dan oral. Ingatlah bahwa metode kontrasepsi lain tidak melindungi dari sifilis.

Konsultasi Sifilis di Klinik kirana

Menghadapi sifilis atau kekhawatiran terkait penyakit menular seksual bisa menjadi pengalaman yang menakutkan dan membingungkan. Namun, Anda tidak perlu menghadapinya sendiri. Klinik kirana menyediakan layanan konsultasi kesehatan reproduksi dan seksual yang dapat membantu Anda mendapatkan informasi, dukungan, dan pengobatan yang diperlukan.

Jika Anda khawatir tentang risiko sifilis, mengalami gejala yang mengkhawatirkan, atau hanya ingin mendapatkan pemeriksaan rutin, para profesional di klinikkirana.com siap membantu. Dengan pendekatan yang ramah, empati, dan profesional, tim kami akan memastikan Anda menerima perawatan terbaik dan informasi yang akurat tentang kondisi kesehatan Anda.

Klik disini, untuk Periksa Sifilis bersama Klinik Kirana.

Artikel ini Disusun Oleh Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • American Sexual Health Association. Syphilis: Fast Facts (https://www.ashasexualhealth.org/syphilis/). Accessed 29/11/2023.
  • Centers for Disease Control and Prevention. Syphilis (https://www.cdc.gov/std/syphilis/default.htm). Accessed 29/11/2023.
  • March of Dimes. Syphilis in pregnancy (https://www.marchofdimes.org/find-support/topics/pregnancy/syphilis-pregnancy). Accessed 12/27/2022.
  • Merck Manual. Syphilis (https://www.merckmanuals.com/home/infections/sexually-transmitted-diseases-stds/syphilis?query=Syphilis). Accessed 29/11/2023.
  • National Organization for Rare Disorders. Syphilis, Acquired (https://rarediseases.org/rare-diseases/syphilis-acquired/). Accessed 29/11/2023.
  • Office on Women’s Health. Syphilis. (https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/syphilis) Accessed 29/11/2023.

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait