Fakta Penyakit Menular Kencing Nanah (Gonore) Yang Perlu Anda Ketahui

Kelamin October 11, 2023
Fakta Penyakit Menular Kencing Nanah (Gonore) Yang Perlu Anda Ketahui

Kencing nanah adalah IMS yang paling umum di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2020, terdapat sekitar 82,4 juta kasus baru kencing nanah di seluruh dunia. Kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang dapat menjangkiti baik pria maupun wanita dan cenderung lebih umum terjadi pada pria. Berikut Fakta-faktanya :

Penularan Tanpa Disadari

Banyak wanita yang terinfeksi gonore tidak menunjukkan gejala, sehingga penularan sering terjadi tanpa disadari. Ini menekankan pentingnya pemeriksaan skrining rutin untuk mendeteksi gonore, terutama bagi mereka yang aktif secara seksual.

Untuk menghindari risiko terinfeksi kencing nanah, tindakan pencegahan terbaik adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual atau menjalin hubungan monogami jangka panjang dengan satu pasangan yang juga setia. Sering berganti pasangan seksual adalah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terpapar kencing nanah meliputi usia muda, khususnya individu berusia 15-24 tahun, yang merupakan kelompok umur dengan tingkat kejadian tertinggi.

Infeksi Dapat Menyerang Organ Lain

Gonore tidak hanya menyerang sistem reproduksi, tetapi juga bisa menginfeksi bagian tubuh lain seperti dubur, uretra, mata, dan tenggorokan. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui hubungan intim, termasuk seks anal dan oral.

Orang dengan Gonore Dapat Lebih Mudah Terinfeksi HIV

Individu yang terinfeksi gonore memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terinfeksi HIV. Hal ini terjadi karena gonore dapat menyebabkan luka dan peradangan pada area genital yang meningkatkan kerentanan terhadap HIV. Selain itu, peradangan yang disebabkan oleh gonore dapat meningkatkan konsentrasi sel-sel tertentu di area genital yang merupakan target utama bagi virus HIV. Oleh karena itu, pencegahan dan pengobatan gonore yang efektif sangat penting untuk mengurangi risiko infeksi HIV.

Komplikasi Serius

Gonore yang Tidak Diobati Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan Serius dan Permanen pada Pria dan Wanita.

Pada wanita, kondisi ini bisa berkembang menjadi penyakit radang panggul (PID). PID dapat menyebabkan gejala seperti nyeri pelvis kronis, kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim), dan bahkan bisa menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan. Selain itu, pada pria bisa menyebabkan kondisi yang disebut epididimitis, suatu peradangan pada saluran yang membawa sperma, yang juga bisa menyebabkan infertilitas. Dalam kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sepsis gonokokus, yang sangat serius dan bisa mengancam jiwa.

Dapat Menular Ke Bayi

Risiko pada Ibu Hamil dan Bayi,Gonore dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya selama proses persalinan. Infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi serius pada bayi, seperti mata merah dan bengkak.

Tanda Akibat Penyebaran Bakterinya

Bakteri yang menyebabkan gonore dapat mempengaruhi serviks, rahim, tuba falopi, dan uretra. Bakteri ini juga dapat menginfeksi mulut, tenggorokan, mata, dan rektum. Ketika gejala mulai berkembang, mereka seringkali meliputi:

• Keluarnya cairan seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari penis, vagina, atau rektum.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil.
  • Perdarahan di antara periode menstruasi.
  • Nyeri dan pembengkakan pada testis.
  • Gerakan usus yang menyakitkan.
  • Gatal di area anal.
  • Perdarahan anal.