Perbedaan Pada Gejala Kencing Nanah Pria dan Wanita

Kelamin January 1, 2024
Perbedaan Pada Gejala Kencing Nanah Pria dan Wanita

Terdapat perbedaan gejala antara wanita dan pria dalam penyakit gonore (kencing nanah) banyak yang tidak menyadari bahwa gejalanya bisa berbeda. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh perbedaan anatomi uretra pada kedua jenis kelamin. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang perbedaan tersebut dan bagaimana hal ini mempengaruhi prevalensi dan gejala gonore.

Perbedaan Anatomi Uretra pada Pria dan Wanita 

Uretra, Saluran yang mengalirkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh, memiliki perbedaan penting antara pria dan wanita. Pada wanita, uretra cenderung lebih pendek dibandingkan dengan pria. Perbedaan panjang ini memiliki dampak signifikan pada risiko dan gejala gonore.

Dampak Perbedaan Anatomi terhadap Prevalensi Gonore Karena uretra wanita lebih pendek, teori menyatakan bahwa gonore kurang umum terjadi pada wanita dibandingkan pria. Alasan utama adalah jarak yang lebih pendek bagi bakteri untuk bergerak, mengurangi kemungkinan infeksi mencapai area reproduksi internal.

Perbedaan Gejala Gonore pada Pria dan Wanita Gejala gonore pada pria cenderung lebih 'nyaring' atau jelas karena uretra yang panjang, memicu gejala akut seperti rasa terbakar saat buang air kecil atau keluarnya cairan dari penis. Sementara pada wanita, gejalanya seringkali 'senyap' atau kurang terlihat. Hal ini membuat gonore pada wanita seringkali tidak terdiagnosis dan diabaikan, meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang.

Dampak Perbedaan Anatomi terhadap Prevalensi Gonore

Karena uretra wanita lebih pendek, teori menyatakan bahwa gonore kurang umum terjadi pada wanita dibandingkan pria. Alasan utama adalah jarak yang lebih pendek bagi bakteri untuk bergerak, mengurangi kemungkinan infeksi mencapai area reproduksi internal.

Perbedaan Gejala Pada Pria dan Wanita

Gonore tidak hanya mempengaruhi alat kelamin, tetapi juga bisa menyerang tenggorokan, rektum, dan mata. Infeksi di tenggorokan dan rektum seringkali tanpa gejala, namun bisa menyebabkan ketidaknyamanan atau keluarnya cairan dari anus. Jika mata terinfeksi, gejala gonore bisa berupa:

  • Nyeri
  • Pembengkakan
  • Iritasi
  • Keluarnya cairan dari mata

Pada wanita, gejala kencing nanah seringkali tidak muncul, atau hanya muncul gejala yang ringan dan dapat disalahartikan sebagai gejala infeksi lain, seperti infeksi saluran kemih atau vaginosis bakterialis.

Gejala Gonore pada Wanita Gonore pada wanita bisa menimbulkan gejala seperti:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Keputihan yang encer, berwarna hijau atau kuning
  • Perdarahan di antara periode menstruasi atau menstruasi yang lebih berat
  • Nyeri atau nyeri tekan di perut bagian bawah
  • Pelvic inflammatory disease (PID) PID adalah infeksi pada organ reproduksi wanita, termasuk rahim, saluran tuba, dan ovarium. PID dapat menyebabkan nyeri parah di perut bagian bawah, demam, dan mual. PID juga dapat menyebabkan infertilitas.

Pada pria, gejala kencing nanah biasanya muncul dalam waktu 2-14 hari setelah terinfeksi. Gejala yang paling umum adalah nyeri atau terbakar saat buang air kecil, serta keluar cairan nanah dari penis. Cairan nanah dari penis biasanya berwarna kuning, hijau, atau putih, dan memiliki bau yang tidak sedap.

Selain nyeri saat buang air kecil dan keluar cairan nanah dari penis, pria dengan kencing nanah juga dapat mengalami gejala lain, seperti:

Gejala Gonore pada Pria Sementara pada pria, gejala gonore dapat meliputi:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Keluarnya cairan putih, hijau, atau kuning dari penis
  • Nyeri atau nyeri tekan pada testis

Kapan Anda Perlu Tes Gonore Ketika Gejala Muncul

Tes Gonore disarankan jika Anda mengalami situasi-situasi berikut:

  • Anda baru-baru ini melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan dengan pasangan baru.
  • Anda atau pasangan seksual Anda mengalami gejala Gonore.
  • Seorang pasangan seksual memberitahu Anda bahwa mereka terinfeksi Gonore atau infeksi menular seksual (IMS) lainnya.
  • Anda telah terdiagnosis dengan IMS lain.

Penting untuk tidak melakukan kontak seksual sampai hasil tes lanjutan Gonore Anda dinyatakan negatif. Anda juga disarankan untuk melakukan tes Gonore lagi dua minggu setelah pengobatan selesai sebagai tes konfirmasi.

Jenis-Jenis Tes Gonore Ada beberapa metode tes Gonore, yang menggunakan sampel usap atau sampel urine untuk mendeteksi infeksi. Untuk sampel usap, prosesnya hanya memerlukan waktu beberapa detik dan tidak menyakitkan, meskipun mungkin terasa tidak nyaman.

Tes Gonore untuk Wanita

  • Dokter atau perawat mungkin akan mengambil sampel usap dari vagina, serviks, atau uretra.
  • Usap tenggorokan, rektum, atau mata juga bisa diatur.
  • Untuk beberapa tes, Anda bisa memberikan sampel urine. Disarankan untuk tidak buang air kecil dua jam sebelum tes urine Gonore.

Tes Gonore untuk Pria

  • Pria biasanya memberikan sampel urine saat tes Gonore.
  • Dokter atau perawat Anda mungkin mengambil sampel usap dari cairan yang keluar dari ujung penis untuk dites.
  • Jika Anda khawatir tentang infeksi Gonore di tenggorokan, rektum, atau mata, sampel usap dapat diambil dari area-area tersebut.

Baca Juga : 4 Langkah Melakukan Pengobatan Kencing Nanah Yang Tepat - Sesuai Anjuran Dokter

Kesimpulan

Perbedaan gejala gonore atau  kencing nanah pada pria dan wanita dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kencing nanah sering tidak terdiagnosis pada wanita. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk mengetahui gejala kencing nanah agar dapat segera mendapatkan pengobatan yang tepat. Tanyakan pada kami untuk membantu Anda dalam mengatasi berbagai keluhan seperti kencing nanah, Klik konsultasi di sini

 

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Gov.co.uk - Gonorrhoea: guidance, data and analysis
  • (https://www.gov.uk/government/collections/gonorrhoea-neisseria-gonorrhoeae-guidance-data-and-analysis). Accessed 26 November 2023
  • Mayoclinic.org - Gonorrhea (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gonorrhea/symptoms-causes/syc-20351774)
  • Unemo M, Seifert HS, Hook EW 3rd, Hawkes S, Ndowa F, Dillon JR. Gonorrhoea. Nat Rev Dis Primers. 2019 Nov 21;5(1):79. doi: 10.1038/s41572-019-0128-6. PMID: 31754194. Accessed 26 November 2023
  • Image by Freepik: https://www.freepik.com/free-photo/couple-thinking-about-family-breakup_8364986.htm#query=suppuration%20in%20penis&position=42&from_view=search&track=ais&uuid=f0e08239-acb5-45a1-b60a-4024d5c62dc6

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait