Gejala dan Pengobatan Klamidia Selama kehamilan pada Wanita

Kelamin December 23, 2023
Gejala dan Pengobatan Klamidia Selama kehamilan pada Wanita

Selama kehamilan, klamidia dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti ketuban pecah dini dan berat bayi lahir rendah. Lebih jauh, infeksi ini dapat berdampak pada kelahiran dan berpotensi menginfeksi bayi selama proses persalinan.

Gejala Klamidia Selama Kehamilan

Baik hamil atau tidak, gejala klamidia sulit di deteksi bahkan bisa tidak menimbulkan gejala, menurut Dr. Ton di kutip dari Heathline.com . “Sebagian besar orang dengan klamidia tidak memiliki gejala".

Ketika gejala terjadi, umumnya meliputi:

  • Perubahan pada keputihan.
  • Nyeri atau pendarahan selama atau setelah berhubungan seksual.
  • Nyeri atau ketidaknyamanan di area pelvis.
  • Gatal atau sensasi terbakar saat buang air kecil.

Mengingat semua perubahan fisiologis yang terjadi selama kehamilan, mungkin sulit bagi seseorang yang hamil untuk menyadari bahwa mereka terinfeksi STI tanpa melakukan tes.

(CDC) Sebagai sumber terpercaya yang biasa melakukan penelitian pada penyakit menular seksual merekomendasikan agar semua orang yang hamil menjalani tes klamidia pada trimester pertama. Dalam beberapa kasus, tes ulang pada trimester ketiga mungkin disarankan.

Mengapa Pengobatan Klamidia penting bagi Kehamilan Anda?

Ketika mengandung, kesehatan Anda dan bayi menjadi prioritas utama. Klamidia, meskipun sering tidak menunjukkan gejala, bisa memberikan dampak signifikan pada kehamilan. Berikut ini adalah beberapa konsekuensi jika klamidia tidak ditangani dengan segera bagi Anda dan calon bayi:

  • Risiko Infeksi Amnion: Klamidia dapat menyebabkan infeksi pada kantong ketuban dan cairannya, kondisi yang bisa berbahaya bagi janin.

  • Potensi Pecah Ketuban Dini: Salah satu komplikasi serius adalah PPROM (Preterm Premature Rupture of Membranes), yang berarti pecahnya membran ketuban lebih awal dari jadwal kelahiran.

  • Peluang Kelahiran Prematur: Infeksi klamidia yang tidak diobati meningkatkan kemungkinan bayi lahir prematur, yang dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan bagi bayi.

  • Risiko Penularan ke Bayi: Ada kemungkinan bahwa klamidia dapat ditularkan ke bayi selama proses persalinan. Studi menunjukkan bahwa hingga separuh bayi yang lahir secara vaginal dari ibu dengan klamidia yang tidak diobati (dan bahkan beberapa bayi yang lahir melalui operasi caesar) dapat terinfeksi.

  • Infeksi Mata pada Bayi (Konjungtivitis): Antara 25 hingga 50 persen bayi yang terinfeksi klamidia berisiko mengembangkan infeksi mata, yang dikenal sebagai konjungtivitis, beberapa hari hingga beberapa minggu setelah lahir. Penting untuk dicatat bahwa tetesan atau salep mata yang diberikan segera setelah kelahiran untuk mencegah konjungtivitis gonore tidak efektif terhadap infeksi mata klamidia.

  • Pneumonia pada Bayi: Sekitar 5 hingga 30 persen bayi yang terinfeksi klamidia selama kelahiran dapat mengembangkan pneumonia beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah lahir.

Selain itu, walaupun belum ada studi ilmiah yang pasti, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara klamidia dengan peningkatan risiko keguguran.

Penting juga untuk mengetahui bahwa klamidia dapat meningkatkan kerentanan terhadap HIV dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Setelah melahirkan, risiko infeksi rahim juga menjadi lebih tinggi jika klamidia tidak ditangani dengan baik.

Mengobati Klamidia Selama Kehamilan

Pengobatan klamidia saat hamil dapat dilakukan dengan sukses menggunakan antibiotik. Terdapat dua opsi pengobatan: dosis tunggal antibiotik atau pengobatan harian selama tujuh hari.

Antibiotik untuk Klamidia

Antibiotik mampu menyembuhkan klamidia, namun penting untuk diingat bahwa antibiotik tidak dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh komplikasi infeksi, seperti PID (Pelvic Inflammatory Disease). Antibiotik yang di rekomendasikan aafp.org Amoxicillin 500 mg minum 3 x  1 per day selama 7 Hari

Baca disini: Mengobati penyakit klamidia Sesuai Anjuran Dokter

Keamanan Antibiotik Selama Kehamilan

Jenis antibiotik yang digunakan untuk mengobati klamidia aman digunakan selama kehamilan. Namun, antibiotik mungkin menyebabkan efek samping, terutama pada sistem pencernaan, seperti:

  • Diare
  • Muntah
  • Nausea atau rasa mual
  • Nyeri di perut
  • Kurang nafsu makan
  • Gangguan pencernaan
  • Kembung

Pentingnya Menahan Aktivitas Seksual

Penting bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan klamidia untuk menahan diri dari aktivitas seksual hingga infeksi benar-benar sembuh. Ini untuk mencegah penularan STI kepada pasangan seksual:

  • Jika mengambil dosis tunggal antibiotik, sebaiknya tidak berhubungan seks selama satu minggu setelah minum obat tersebut.
  • Jika antibiotik diresepkan harian selama seminggu, sebaiknya tidak berhubungan seks hingga seluruh kursus antibiotik telah selesai.

Konsultasi di Klinik Kirana 

Untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan Anda, sangat penting melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika Anda mengalami indikasi klamidia. Dengan bantuan profesional kesehatan yang berpengalaman, Anda bisa mendapatkan penilaian kondisi kesehatan secara menyeluruh serta saran pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Klinik Kirana . Jangan ragu untuk mengambil langkah ini demi kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik. Klik disini untuk menjadwalkan konsultasi: https://klinikkirana.com/klamidia-236

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • americanpregnancy.org. Chlamydia During Pregnancy - (https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/chlamydia-during-pregnancy). Accessed 24/12/2023
  • Aafp.org. Screening and Treatment for Sexually Transmitted Infections in Pregnancy | AAFP (https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2007/0715/p265.html). Accessed 24/12/2023
  • CDC. Chlamydia – CDC Detailed Fact Sheet (https://www.cdc.gov/std/chlamydia/stdfact-chlamydia-detailed.htm). Accessed 24/12/2023
  • Verywellhealth. Chlamydia While Pregnant: Everything to Know (https://www.verywellhealth.com/chlamydia-while-pregnant-5224822). Accessed 24/12/2023
  • Pregnancy birth&baby. Chlamydia and pregnancy (https://www.pregnancybirthbaby.org.au/chlamydia-and-pregnancy). Accessed 24/12/2023
  • babycenter. Chlamydia during pregnancy (https://www.babycenter.com/pregnancy/health-and-safety/chlamydia-during-pregnancy_1427376). Accessed 24/12/2023
  • Healthline. How to Identify and Treat Chlamydia During Pregnancy (https://www.healthline.com/health/chlamydia-in-pregnancy#symptoms). Accessed 24/12/2023
  • Image by wavebreakmedia_micro on Freepik: https://www.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-receiving-ultrasound-scan-stomach_8236725.htm#query=PREGENCY&position=17&from_view=search&track=ais&uuid=008bbc1c-0758-46e6-8059-4c9bfba24fba

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait