7 Cara Efektif Mencegah Penyakit Menular Seksual Pada Pria dan Wanita

Kesehatan January 22, 2024
7 Cara Efektif Mencegah Penyakit Menular Seksual Pada Pria dan Wanita

Penyakit menular seksual (PMS) adalah kondisi yang sering kali menimbulkan kekhawatiran dan stigma di masyarakat. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat sekitar satu juta kasus penularan infeksi seksual setiap harinya. Hal ini menegaskan pentingnya pengetahuan dan praktik pencegahan yang efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara sederhana namun efektif untuk mencegah penyakit menular seksual.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit menular seksual?

Pencegahan penyakit menular seksual tidak hanya melindungi kesehatan Anda sendiri, tetapi juga pasangan dan orang-orang di sekitar Anda. Berikut ini adalah cara efektif mencegah penularan penyakit seksual:

Setia pada Satu Pasangan

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah PMS adalah dengan setia pada satu pasangan. Berhubungan seks hanya dengan satu orang yang benar-benar dipercaya dan dicintai dapat mengurangi risiko PMS secara signifikan. Ketika melakukan kontak seksual hanya dengan pasangan tetap, Anda akan menghindari penyakit menular seksual karena kedua belah pihak diketahui sama-sama sehat dan tidak memiliki penyakit menular.

Hindari Seks Bebas

Seks bebas diartikan sebagai hubungan seksual tanpa ikatan pernikahan dan dilakukan dengan banyak orang. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa berhubungan seks dengan beberapa orang bisa meningkatkan risiko tertular penyakit menular seksual. Oleh karena itu, menghindari praktik seks bebas adalah langkah penting dalam pencegahan PMS.

Gunakan Kondom dengan Benar

Penggunaan kondom yang tepat dan konsisten terbukti efektif mencegah penyakit menular seksual. Kondom dapat menjadi perlindungan yang baik dalam mencegah penularan penyakit, selama digunakan dengan benar. Penting juga untuk menggunakan pelumas yang sesuai dengan jenis kondom yang dipakai.

Sunat pada Laki-laki

Sunat pada laki-laki telah terbukti dapat mengurangi risiko tertular HIV dan penyakit menular seksual lainnya, seperti herpes genital dan infeksi HPV. Penelitian menunjukkan bahwa sunat dapat membantu mengurangi risiko tertular HIV dari wanita dengan HIV sebanyak 60%.

Vaksinasi

Beberapa penyakit menular seksual dapat dicegah dengan vaksinasi, seperti hepatitis B dan HPV yang menyebabkan kutil kelamin serta kanker serviks. Vaksinasi HPV direkomendasikan untuk anak perempuan mulai dari usia 9 tahun hingga wanita dewasa yang berusia 26 tahun.

Hindari Konsumsi Alkohol dan Narkoba

Konsumsi alkohol dan narkoba dapat mempengaruhi kemampuan pengendalian diri, sehingga meningkatkan risiko perilaku seksual yang tidak aman. Oleh karena itu, menghindari penggunaan zat-zat ini dapat menjadi langkah penting dalam pencegahan PMS.

Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Melakukan tes PMS secara berkala dan sebelum melakukan hubungan seks dengan pasangan baru adalah langkah penting dalam pencegahan. Pemeriksaan rutin dapat membantu mendeteksi dan mengobati PMS sejak dini, sebelum berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. 

Konsultasi di Klinik Kirana

Sebagai langkah konkret dalam pencegahan dan penanganan penyakit menular seksual, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Klinik Kirana menjadi salah satu tempat yang dapat Anda pertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan. Dengan tenaga medis yang berpengalaman dan fasilitas yang memadai, Klinik Kirana menawarkan layanan pemeriksaan menyeluruh, konsultasi, dan pengobatan penyakit menular seksual.

Di Klinik Kirana, Anda dapat mendapatkan akses ke berbagai layanan kesehatan, termasuk tes diagnostik untuk PMS, konsultasi dengan dokter spesialis, dan rencana pengobatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • CDC - Sexually Transmitted Diseases (STDs) - https://www.cdc.gov/std/prevention/default.htm. Accessed 23/01/2024
  • CDC - Sexually Transmitted Diseases (STDs) - https://www.cdc.gov/std/healthcomm/fact_sheets.htm. Accessed 23/01/2024
  • CDC - Human Papillomavirus (HPV) -https://www.cdc.gov/hpv/parents/vaccine-for-hpv.htm. Accessed 23/01/2024
  • CDC - Condom Effectiveness -https://www.cdc.gov/condomeffectiveness/brief.html. Accessed 23/01/2024
  • CDC - The Lowdown Infographic Text Only Version - https://www.cdc.gov/std/prevention/lowdown/lowdown-text-only.htm

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait