10 Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita

Kesehatan January 17, 2024
10 Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita

Penyakit kelamin, sering kali dilihat sebagai topik yang tabu, namun penting untuk dibicarakan. Mengetahui dan memahami berbagai jenis penyakit kelamin adalah langkah pertama dalam pencegahan dan pengobatan yang efektif. Kesadaran akan penyakit ini masih terbatas, menyebabkan penyebaran penyakit ini terus meningkat di barengi dengan gaya hidup seks bebas yang tidak aman serta tidak setia pada pasangan.

Apa penyebab penyakit kelamin pria?

Penyebab penyakit kelamin pada pria bervariasi tergantung pada jenis penyakitnya. Secara umum, penyakit kelamin dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, atau jamur.

Selain itu, praktik seksual yang tidak aman, seperti tidak menggunakan kondom selama hubungan seksual, berhubungan seks dengan banyak pasangan, atau berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki riwayat penyakit kelamin, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kelamin.

Penting untuk diingat bahwa banyak penyakit kelamin tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, sehingga penyebarannya bisa terjadi tanpa disadari. Berikut ini adalah 10 jenis penyakit kelamin pada pria dan wanita

Baca Artikel Selanjutya: 7 Langkah Pencegahan Penularan Penyakit Kelamin

Gonore Atau Kencing Nanah

Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan dari penis atau vagina dan rasa sakit saat buang air kecil. Gonore, jika tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius termasuk infertilitas.

Klamidia

Hampir mirip gejalanya dengan gonore, namun terdapat perbedaan virus. Sering kali tidak menimbulkan gejala, namun bisa menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan keluar cairan dari penis atau vagina. Klamidia dapat diobati dengan antibiotik jika anda berobat dengan benar dan mengikuti saran pengobatan dari Dokter.

Trikomoniasis

Penyakit ini dapat menimbulkan keputihan yang tidak normal, gatal, atau iritasi pada kelamin, serta rasa sakit saat berhubungan intim atau buang air kecil. Trikomoniasis dapat diobati dengan obat antiparasit.

Kutil Kelamin (HPV)

Ditandai dengan munculnya benjolan kecil pada alat kelamin, HPV dapat berkembang menjadi kanker serviks pada wanita. Vaksin HPV dapat mencegah beberapa jenis virus HPV.

Sifilis atau Raja Singa

Memiliki berbagai tahapan gejala mulai dari luka kecil hingga ruam di tubuh. Sifilis dapat diobati dengan antibiotik, terutama pada tahap awal.

Herpes Genital

Ditandai dengan munculnya lepuh pada alat kelamin, herpes genital dapat menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil. Meski tidak ada obat, gejalanya dapat dikelola dengan obat antiviral.

Hepatitis B

Hepatitis B adalah infeksi virus serius yang menyerang hati dan dapat menyebabkan peradangan kronis, kerusakan hati, sirosis, bahkan kanker hati. Virus Hepatitis B (HBV) menyebar melalui kontak dengan darah, air mani, atau cairan tubuh lainnya dari orang yang terinfeksi. Cara penularan meliputi hubungan seksual yang tidak aman, penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi, dan dari ibu ke anak selama kelahiran.

HIV/AIDS

Awalnya mungkin tidak menunjukkan gejala, tetapi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh hingga penderitanya mengalami AIDS. Pengobatan antiretroviral dapat mengelola HIV.

Chancroid

Chancroid adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh Haemophilus ducreyi. Penyakit ini ditandai dengan munculnya luka terbuka yang menyakitkan pada alat kelamin. Luka tersebut mulanya kecil dan lembut sebelum berkembang menjadi borok yang lebih besar dan menyakitkan.

Kutu Kemaluan

Kutu kemaluan, juga dikenal sebagai Pthirus pubis, adalah parasit kecil yang menempel pada rambut kemaluan dan menyebabkan gatal yang sangat. Meskipun seringkali dikaitkan dengan rambut kemaluan, kutu ini juga dapat ditemukan di rambut badan lainnya, seperti ketiak, dada, bulu mata, dan alis.

Penularan utama kutu kemaluan adalah melalui kontak seksual, tetapi juga bisa menyebar melalui penggunaan barang-barang pribadi seperti handuk, pakaian, atau tempat tidur yang telah terkontaminasi oleh parasit ini.

Konsultasi di Klinik Kirana

Mengetahui gejala dan cara penularan penyakit kelamin adalah langkah penting dalam pencegahan. Jika Anda mengalami gejala atau ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional. Klinik Kirana menawarkan layanan konsultasi dan pengobatan untuk penyakit kelamin, membantu Anda mendapatkan perawatan yang tepat dan informasi yang akurat dan juga dapat dilakukan secara online.

Klik disini untuk memilih layanan konsultasinya: Layanan Klinik Kirana

Baca Artikel Selanjutnya: Gejala Awal Anda Terinfeksi Penyakit Kelamin Menular

 

Artikel ini Disusun Oleh Mirna S. Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Garcia MR, Leslie SW, Wray AA. Sexually Transmitted Infections. 2023 May 30. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan–. PMID: 32809643. Accessed 15/01/2024
  • Garcia MR, Leslie SW, Wray AA. Sexually Transmitted Infections. 2023 May 30. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan–. PMID: 32809643. Accessed 15/01/2024
  • Kalter DC, Rosen T. Sexually transmitted diseases. Emerg Med Clin North Am. 1985 Nov;3(4):693-716. PMID: 3902459. Accessed 15/01/2024
  • CDC - Sexually Transmitted Diseases (STDs) https://www.cdc.gov/std/default.htm. Accessed 15/01/2024

Konsultasi Keluhan Anda Bersama Dokter Online. Gratis!

Langsung saja konsultasi online atau reservasi online
di nomor 082122077347 atau dapat mengklik link Konsultasi Gratis. Rahasia Terjamin.

Artikel Terkait